PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP PEMBENTUKAN KETERAMPILAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEALHIAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 CEPU
Abstract
Sarana dan prasarana merupakan alat penunjang proses belajar mengajar khususnya pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang terdiri dari perpustakaan, laboratorium, bahan ajar, dan bisnis center. Pembekalan keterampilan kerja di SMK diharapkan mampu menjadikan siswa sebagai tenaga yang terampil, bersifat profesional dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sarana dan prasarana terhadap pembentukan keterampilan kerja siswa kelas XI program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Cepu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 62 siswa kelas XI PM 1 dan XI PM 2 yang secara keseluruhan diambil sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Dari hasil uji asumsi klasik diketahui memenuhi syarat data terdistribusi secara normal, uji multikolinieritas tidak ditemukan adanya kolerasi antar variabel bebas, uji heterokedastisitas terjadi ketidaksamaan varian dari residual model regresi, uji linieritas hubungan variabel bebas dan terikat terjadi linieritas.
Simpulan penelitian ini bahwa secara parsial perpustakaan dan bahan ajar tidak berpengaruh, sedang laboratorium, dan bisnis center secara parsial berpengaruh terhadap pembentukan keterampilan kerja siwa kelas XI program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Cepu.
Kata kunci : Sarana, Prasarana, keterampilam siswa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 78