PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA, KELOMPOK REFERENSI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK PGRI 13 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa, kelompok referensi, dan efikasi diri terhadap keputusan siswa memilih SMK PGRI 13 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi, SMK PGRI 13 Surabaya telah menerapkan bauran pemasaran jasa untuk menarik calon siswa.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, menggunakan proportional random sampling dan diambil 155 responden dari 247 siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan jumlah soal 47 item dengan 4 skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bauran pemasaran jasa (X1) berpengaruh sebesar 18,281, kelompok referensi (X2) sebesar 6,289, dan efikasi diri (X3) sebesar 9,933 terhadap keputusan siswa memilih SMK PGRI 13 Surabaya. Sedangkan secara simultan sebesar 134,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,722 yang berarti bahwa bauran pemasaran jasa, kelompok referensi, dan efikasi diri terhadap keputusan siswa memilih SMK PGRI 13 Surabaya berpengaruh sebesar 72,2% dan sisanya sebesar 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Bauran pemasaran jasa, Kelompok referensi, Efikasi diri, Keputusan siswa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 48