PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN LARISSA AESTHETIC CENTER GUBENG SURABAYA
Abstract
Semakin banyaknya kaum wanita yang menyadari pentingnya perawatan terhadap dirinya, telah mendorong semakin banyak pula klinik kecantikan yang bermunculan dengan menawarkan berbagai produk dan perawatan yang menjanjikan bagi mereka para wanita untuk dapat tampil lebih cantik dan menarik secara fisik mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut, klinik kecantikan dalam pelayanannya memberikan jasa tindakan dan penjualan produk kecantikan kulit wajah dan tubuh. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui adanya pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan pada perawatan kulit Larissa Aesthetic Center Gubeng Surabaya.
Variabel penelitiannya adalah Experiential Marketing (X1), dan Customer Satisfaction (Y). Data dikumpulkan dengan metode survei kuisioner yang disi oleh responden. Sampel penelitian digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 22. Uji t menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Koefisien determinasi (R2) adalah 0,046 artinya 4,6% kepuasan pelanggan pada perawatan kulit Larissa Aesthetic Center Gubeng Surabaya dipengaruhi sedangkan sisanya 5,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel peneliti.
Kata kunci: Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 119