PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK TULIS JETIS SIDOARJO

  • BURHANUDDIN FIRMANSYAH

Abstract

Batik merupakan salah satu peninggalan seni budaya bangsa Indonesia yang memiliki nilai luhur dan perlu dilestarikan. “Kebutuhan batik tulis tidak hanya untuk remaja dan dewasa, dalam acara-acara resmi batik juga banyak digunakan oleh semua kalangan baik formal maupun informal.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah 94 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan analisis regresi linier. Hasil pada penelitian ini menunjukkann bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2,389. Desain produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 19,772. Varibel kualitas produk (X1), dan desain produk (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,919 atau 91,9%.Kesimpulan, kualitas produk dan desain produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian batik tulis Jetis Sidoarjo. Kualitas produk dan desain produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian batik tulis Jetis Sidoarjo.

Kata Kunci: Kualitas produk, desain produk dan keputusan pembelian

Published
2018-01-02
How to Cite
FIRMANSYAH, B. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK TULIS JETIS SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 5(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v5n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 577
PDF Downloads: 860