PENNGARUH CITRA LEMBAGA, KELOMPOK REFERENSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH SMA NEGERI 1 SUMBERREJO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra lembaga, kelompok referensi dan efikasi diri terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah SMA Negeri 1 Sumberrejo secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan deksriptif kuantitatif dengan metodepurposive sampling dan mengambil168 responden dari kelas X SMA Negeri 1 Sumberrejo. Pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah pernyataan 27 item dan 5 skala Likert serta dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra lembaga (X1) berpengaruh sebesar 0,221, kelompok referensi (X2) sebesar 0,188 dan efikasi diri (X3) sebesar 0,373 terhadap keputusan siswa dalam memilih sekolah (Y) SMA Negeri 1 Sumberrejo. Sedangkan secara simultan sebesar 26,664 dengan koefisien determinasi sebesar 0,316 yang berarti bahwa citra lembaga, kelompok referensi dan efikasi diri berpengaruh sebesar 31,6% terhadap keputusan siswa memilih SMA Negeri 1 Sumberrejo dan sisanya sebesar 68,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Citra Lembaga, Kelompok Referensi, Efikasi Diri dan Keputusan Pemilihan Sekolah
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 124