Peran Dunia Usaha Dunia Industri Terhadap Pembentukan Keterampilan Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri Mojoagung
Abstract
AbstrakKegiatan praktik kerja industri dilaksanakan untuk membentuk keterampilan siswa.MOU dibuat antara SMK dengan mitra sekolah yang isinya untuk menyalurkan siswa ke dunia usaha dunia industri. Berdasar daftar jenisĀ pekerjaan di dunia usaha dunia industri, di ketahui 15 jenis pekerjaan belum terkait dengan pembentukan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi variabel, serta untuk mengetahui dan menganalisis peran Dunia Usaha Dunia Industri terhadap pembentukan keterampilan siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Keseluruhan populasi diambil sebagai responden, sebanyak 138 siswa kelas XI pemasaran.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS versi 23.0. Simpulan penelitian adalah kondisi variabel dunia usaha dunia industri dan pembentukan keterampilan dikategorikan sangat kuat.Dunia usaha dunia industri berperan aktif terhadap pembentukan keterampilan siswa kelas XI program keahlian pemasaran di SMK Negeri Mojoagung.Kata Kunci: Dunia Usaha Dunia Industri, Keterampilan Siswa
Published
2018-05-25
How to Cite
wicaksono, lukito. (2018). Peran Dunia Usaha Dunia Industri Terhadap Pembentukan Keterampilan Siswa Kelas XI Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n1.p%p
Issue
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 107