PENGEMBANGAN PERMAINAN CHARADES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI JENIS-JENIS BISNIS RITEL KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%25pAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengajukan alternatif media pembelajaran yaitu permainan charades. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Buduran, di uji cobakan 2 kali secara terbatas kepada 8 siswa dan di uji cobakan secara luas kepada 35 siswa di kelas XI Pemasaran 2. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa permainan charades yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi jenis-jenis bisnis ritel, dibuktikan dengan data persentase validasi konstruk sebesar 86% ; validasi isi sebesar 85% ; kepraktisan permainan charades berdasarkan hasil angket respon siswa dengan persentase sebesar 94%; dan keefektifan berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa dengan persentase rata-rata sebesar 89% dan peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase rata-rata sebesar 86%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.