PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MARKETING DICTIONARY SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X PEMASARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Sumber belajar merupakan segala hal yang dapat membantu individu dalam belajar dan memperoleh pengalaman. Sumber belajar terus dikembangkan sesuai kemajuan zaman. Mobile Marketing Dictionary adalah aplikasi berbasis Android yang diharapkan dapat menjadi alternatif sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan aplikasi Mobile Marketing Dictionary, kelayakan aplikasi Mobile Marketing Dictionary dan respon siswa terhadap aplikasi Mobile Marketing Dictionary. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan, namun dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tiga tahap pengembangan yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pengembangan aplikasi Mobile Marketing Dictionary diperoleh nilai kelayakan dari hasil validasi ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, nilai kelayakan dari hasil validasi ahli media sebesar 90% dengan kategori sangat layak, respon siswa pada kelas kecil sebesar 85,2% dengan kategori sangat baik dan respon siswa pada kelas besar sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian aplikasi Mobile Marketing Dictionary layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar pada mata pelajaran Marketing kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan.
Kata Kunci: Sumber belajar, Mobile Marketing Dictionary, MarketingAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 91