PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MARKETING DICTIONARY SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X PEMASARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • NINO AMALINA

Abstract

Sumber belajar merupakan segala hal yang dapat membantu individu dalam belajar dan memperoleh pengalaman. Sumber belajar terus dikembangkan sesuai kemajuan zaman. Mobile Marketing Dictionary adalah aplikasi berbasis Android yang diharapkan dapat menjadi alternatif sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan aplikasi Mobile Marketing Dictionary, kelayakan aplikasi Mobile Marketing Dictionary dan respon siswa terhadap aplikasi Mobile Marketing Dictionary. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan, namun dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tiga tahap pengembangan yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pengembangan aplikasi Mobile Marketing Dictionary diperoleh nilai kelayakan dari hasil validasi ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, nilai kelayakan dari hasil validasi ahli media sebesar 90% dengan kategori sangat layak, respon siswa pada kelas kecil sebesar 85,2% dengan kategori sangat baik dan respon siswa pada kelas besar sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian aplikasi Mobile Marketing Dictionary layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar pada mata pelajaran Marketing kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan.

Kata Kunci: Sumber belajar, Mobile Marketing Dictionary, Marketing
Published
2018-07-26
How to Cite
AMALINA, N. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MARKETING DICTIONARY SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X PEMASARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 91