PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL POWTOON PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual PowToon pada kompetensi dasar menerapkan promosi produk kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung, kelayakan media pembelajaran, respons siswa terhadap media pembelajaran, dan efektivitas media pembelajaran berbasis audio visual PowToon. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar respons siswa, dan lembar evaluasi tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan dari validasi ahli materi sebesar 92,00% dengan kategori sangat layak, nilai kelayakan validasi ahli media sebesar 93,33% dengan kategori sangat layak, nilai respons siswa sebesar 88,29% dengan kategori sangat baik, dan efektivitas media pembelajaran diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual PowToon dengan hasil belajar siswa media konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis audio visual PowToon pada kompetensi dasar menerapkan promosi produk kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Audio Visual, PowToon, Promosi.Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1412