PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL POWTOON PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI MOJOAGUNG

  • ANDIS MEIANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual PowToon pada kompetensi dasar menerapkan promosi produk kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung, kelayakan media pembelajaran, respons siswa terhadap media pembelajaran, dan efektivitas media pembelajaran berbasis audio visual PowToon. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar respons siswa, dan lembar evaluasi tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan dari validasi ahli materi sebesar 92,00% dengan kategori sangat layak, nilai kelayakan validasi ahli media sebesar 93,33% dengan kategori sangat layak, nilai respons siswa sebesar 88,29% dengan kategori sangat baik, dan efektivitas media pembelajaran diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual PowToon dengan hasil belajar siswa media konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis audio visual PowToon pada kompetensi dasar menerapkan promosi produk kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Kata Kunci: Media Audio Visual, PowToon, Promosi.
Published
2018-07-26
How to Cite
MEIANTI, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL POWTOON PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 595
PDF Downloads: 1412