PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN PELAYANAN PENJUALAN DI SMK KETINTANG SURABAYA

  • RAFFAELLO BRYAN ARNOLD

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran. Media video bernama powtoon merupakan suatu inovasi agar kegiatan belajar mengajar menjadi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi Powtoon, kelayakan media dan respon siswa terhadap media pembelajaran video animasi Powtoon pada mata pelajaran Pelayanan Penjualan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, namun peneliti hanya menggunakan tiga tahap pengembangan yang terdiri dari define, design, develop. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar telaah ahli materi dan ahli media, lembar validasi ahli materi dan ahli media, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada mata pelajaran pelayanan penjualan di SMK Ketintang Surabaya diperoleh nilai kelayakan dari validasi ahli materi sebesar 81,7%, nilai kelayakan dari validasi ahli media sebesar 96,7% , respon siswa kelas kecil sebesar 98,3%, dan respon siswa kelas besar sebesar 95,7. Dengan demikian media pembelajaran video animasi powtoon layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Media video animasi, Powtoon,

Abstract

Learning media is the most important part in the implementation of learning evaluation activities. Video media called powtoon is an innovation so that teaching and learning activities become effective. This study aims to determine the development process of Powtoon animation video learning media, media feasibility and student response to Powtoon animation video learning media in Sales Service subjects. This study uses a 4D development model, but researchers only use three stages of development consisting of define, design, develop. The research instrument used consisted of a review sheet of material experts and media experts, a validation sheet of material experts and media experts, and a student response questionnaire. Based on the results of the study on the subject of sales service in Vocational High School Ketintang Surabaya obtained the feasibility value of the material expert validation was 81.7%, the feasibility value of the media expert validation was 96.7%, the small class student response was 98.3%, and the student response large class of 95.7. Thus powtoon animation video learning media is suitable to be used as an alternative learning media.

Keywords : Learning Media, Animated Video Media, Powtoon,





Published
2018-09-19
How to Cite
BRYAN ARNOLD, R. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN PELAYANAN PENJUALAN DI SMK KETINTANG SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1268
PDF Downloads: 1497