PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada Kompetensi Dasar menerapkan komunikasi bisnis untuk sekolah menengah kejuruan di program keahlian pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, validasi ahli dan angket respons siswa. Hasil uji coba, baik dari para ahli maupun siswa, menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dari penelitian ini dapat diterima, direspons dengan baik, dan layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kelayakan ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: validasi dari komponen kelayakan isi dan penyajian memperoleh persentase 96% dengan kriteria “sangat layak”, komponen kelayakan bahasa memperoleh persentase 78% dengan kriteria “layak”, dan komponen grafik memperoleh persentase 98% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan menunjukkan persentase sebesar 96% dengan kriteria “sangat layak”.
Kata kunci: Modul, Kompetensi dasar menerapkan komunikasi bisnis, komunikasi bisnis.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 113