PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK DI SMK KETINTANG

Penulis

  • NENCY DILA WIRANI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%25p

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan alat evaluasi berbantu media teka-teki silang pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar menerapkan promosi dasar di SMK Ketintang, untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi berbantu media teka-teki silang, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap alat evaluasi berbantu media teka-teki silang.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan, selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dan diuji cobakan pada 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 24 siswa pada uji lapangan dikelas X PM SMK Ketintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 80% dengan kriteria layak dan rata-rata persentase dari ahli media adalah 92,5% dengan kriteria sanga layak. Sementara hasil angket respon siswa dari uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase 91% dengan kriteria sangat layak dan uji lapangan menunjukkan rata-rata persentase 83% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbantu media teka-teki silang layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Alat evaluasi, Teka-teki silang, Promosi produk.




Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-09-21

Cara Mengutip

DILA WIRANI, N. (2018). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK DI SMK KETINTANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 175 , PDF Downloads: 363