PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN MARKETING KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK DI SMK KETINTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan alat evaluasi berbantu media teka-teki silang pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar menerapkan promosi dasar di SMK Ketintang, untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi berbantu media teka-teki silang, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap alat evaluasi berbantu media teka-teki silang.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan, selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dan diuji cobakan pada 10 siswa untuk uji kelompok kecil dan 24 siswa pada uji lapangan dikelas X PM SMK Ketintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 80% dengan kriteria layak dan rata-rata persentase dari ahli media adalah 92,5% dengan kriteria sanga layak. Sementara hasil angket respon siswa dari uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase 91% dengan kriteria sangat layak dan uji lapangan menunjukkan rata-rata persentase 83% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbantu media teka-teki silang layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Alat evaluasi, Teka-teki silang, Promosi produk.Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 297