PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MEDIA ROULETTE PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS MATERI MODAL USAHA KELAS X PEMASARAN 2 SMK NEGERI 2 KEDIRI

Authors

  • PRIYANKA ANODYA SHAZA ANDOKO
  • FINISICA DWIJAYATI PATRIKHA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran, mengetahui kelayakan, dan respon siswa terhadap evaluasi media Roulette pada mata pelajaran perencanaan bisnis materi modal usaha kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 2 Kediri. Pengembangan menggunakan model Borg dan Gall, namun dibatasi sampai tahap ke-7 yaitu penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Proses validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi masing-masing 2 kali. Hasil validasi media pertama memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori layak dan hasil validasi media kedua memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi materi pertama memperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi materi kedua memperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali meliputi uji coba lapangan dan uji coba lapangan utama. Pada uji coba lapangan menggunakan 8 siswa, memperoleh persentase 86,45% dengan kategori sangat layak. Pada uji coba lapangan utama menggunakan 32 siswa, memperoleh persentase sebesar 95,7% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Roulette pada mata pelajaran perencanaan bisnis materi modal usaha yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan evaluasi pembelajaran di kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri.

Kata kunci : evaluasi pembelajaran, Roulette, Perencanaan Bisnis




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-21

How to Cite

ANODYA SHAZA ANDOKO, P., & DWIJAYATI PATRIKHA, F. (2018). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MEDIA ROULETTE PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS MATERI MODAL USAHA KELAS X PEMASARAN 2 SMK NEGERI 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 142 , PDF Downloads: 247