PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MEDIA ROULETTE PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS MATERI MODAL USAHA KELAS X PEMASARAN 2 SMK NEGERI 2 KEDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran, mengetahui kelayakan, dan respon siswa terhadap evaluasi media Roulette pada mata pelajaran perencanaan bisnis materi modal usaha kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 2 Kediri. Pengembangan menggunakan model Borg dan Gall, namun dibatasi sampai tahap ke-7 yaitu penyempurnaan produk hasil uji lapangan. Proses validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi masing-masing 2 kali. Hasil validasi media pertama memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori layak dan hasil validasi media kedua memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi materi pertama memperoleh persentase sebesar 82,5% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi materi kedua memperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali meliputi uji coba lapangan dan uji coba lapangan utama. Pada uji coba lapangan menggunakan 8 siswa, memperoleh persentase 86,45% dengan kategori sangat layak. Pada uji coba lapangan utama menggunakan 32 siswa, memperoleh persentase sebesar 95,7% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Roulette pada mata pelajaran perencanaan bisnis materi modal usaha yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan evaluasi pembelajaran di kelas X Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri.
Kata kunci : evaluasi pembelajaran, Roulette, Perencanaan Bisnis
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 186