PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROMOSI PRODUK KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 2 BLITAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Pohon Pintar pada kompetensi dasar Menerapkan Promosi Produk kelas X BDP di SMK Negeri 2 Blitar, mengetahui kelayakan media pembelajaran Pohon Pintar, dan respons peserta didik terhadap media pembelajaran Pohon Pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dibatas pada tiga tahap yaitu define, design dan develop. Uji coba dilakukan dua kali, yaitu uji kelompok kecil pada 8 siswa dan uji lapangan pada 20 siswa. Hasil validasi media diperoleh saran perbaikan yaitu dari ahli media berupa perbaikan pada kotak pintar, kartu daun dan buku panduan, sedangkan dari ahli materi berupa melengkapi materi sesuai dengan silabus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase dari validasi ahli media adalah 84,6% dengan kategori sangat layak dan rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 82,7% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil angket respons peserta didik dari uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata persentase 93,06% dengan kategori sangat layak dan uji coba lapangan memperoleh nilai rata-rata persentase 93,89% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pohon Pintar layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pohon Pintar, Promosi Produk
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 737