PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • SRI RAHAYU

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengingat materi SOP Penataan Produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun penelitian ini hanya sampai tahap implementasi. Istrumen yang digunakan adalah lembar telaah materi, telaah media, validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Jombang kelas XI Pemasaran 2 dengan jumlah 8 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 20 uji coba lapangan. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,02% dan hasil validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 89,35% dengan kategori sangat layak. Sadangkan untuk uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 92,71%. Uji coba lapangan memperoleh rata – rata presentase 96%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media crossword puzzle yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi SOP Penataan Produk.

Kata Kunci : model pengembangan, media pembelajaran, crossword puzzle

Published
2018-10-15
How to Cite
RAHAYU, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 372
PDF Downloads: 472