PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MATA PELAJARAN PENATAAN BARANG DAGANG KELAS XI PEMASARAN SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengingat materi SOP Penataan Produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun penelitian ini hanya sampai tahap implementasi. Istrumen yang digunakan adalah lembar telaah materi, telaah media, validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan di SMK Negeri 1 Jombang kelas XI Pemasaran 2 dengan jumlah 8 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 20 uji coba lapangan. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh presentase sebesar 92,02% dan hasil validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 89,35% dengan kategori sangat layak. Sadangkan untuk uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 92,71%. Uji coba lapangan memperoleh rata – rata presentase 96%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media crossword puzzle yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi SOP Penataan Produk.
Kata Kunci : model pengembangan, media pembelajaran, crossword puzzle
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

