Pengembangan Media Pembelajaran Scrabble Materi Bauran Pemasaran Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Di SMK Negeri 10 Surabaya

  • YAYUK SAYYIDATUL HAKIMAH

Abstract

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa permainan edukatif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan model pengembangan 4D yaitu, tahap Define, tahap Design, tahap Development, dan tahap Desseminate. Namun penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (Development). Instrumen dari penelitian ini diperoleh dari lembar telah dan validasi ahli materi dan media serta lembar angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 surabaya, di uji cobakan kepada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan scrabble layak digunakan sebagai media pembelajaran materi bauran pemasaran, hal ini dibuktikan data presentase validasi kualitas isi dan tujuan sebesar 80%, kualitas instruksional sebesar 68%, dan kualitas teknis sebesar 91.4%. Keseluruhan validasi permainan scrabble memperoleh presentase sebesar 79.8% dengan kriteria layak. Sedangkan hasil respon siswa memperoleh presentase sebesar 89.3% dengan kriteria sangat layak.

Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Scrabble, Perencanaan Bauran Pemasaran.





Published
2018-10-15
How to Cite
SAYYIDATUL HAKIMAH, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrabble Materi Bauran Pemasaran Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v6n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 121