Pengembangan Media Pembelajaran Scrabble Materi Bauran Pemasaran Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Di SMK Negeri 10 Surabaya
Abstract
Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa permainan edukatif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan model pengembangan 4D yaitu, tahap Define, tahap Design, tahap Development, dan tahap Desseminate. Namun penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (Development). Instrumen dari penelitian ini diperoleh dari lembar telah dan validasi ahli materi dan media serta lembar angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 surabaya, di uji cobakan kepada siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan scrabble layak digunakan sebagai media pembelajaran materi bauran pemasaran, hal ini dibuktikan data presentase validasi kualitas isi dan tujuan sebesar 80%, kualitas instruksional sebesar 68%, dan kualitas teknis sebesar 91.4%. Keseluruhan validasi permainan scrabble memperoleh presentase sebesar 79.8% dengan kriteria layak. Sedangkan hasil respon siswa memperoleh presentase sebesar 89.3% dengan kriteria sangat layak.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Permainan Scrabble, Perencanaan Bauran Pemasaran.Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 121