PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR PADA MATERI MENERAPKAN PROSEDUR INTERVIEW MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SISWA KELAS X PEMASARAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • MUHAMMAD NAUFAL FAJARIN

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media kartu bergambar pada materi menerapkan prosedur interview yang dipakai kelas X Pemasaran di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu bergambar, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran kartu bergambar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminatee (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan).Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup. Angket terbuka menghasilkan data kualitatif yaitu berupa telaah dari para ahli. Sedangkan angket tertutup menghasilkan data kuantitatif yaitu berupa validasi dari para ahli dan respon siswa. Hasil persentase validasi dari para ahli diperoleh berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert, sedangkan respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari validasi ahli materi adalah 92% dengan kriteria sangat layak dan rata-rata presentase dari validasi media adalah 98% dengan kategori sangat layak. Sementara hasil angket respon siswa menunjukkan rata-rata persentase 93% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu bergambar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Kartu Bergambar, Menerapkan Prosedur Interview.

AbstractThis research aims to find the process of developing pictorial card learning media on material of applying the interview procedure that used for 10th grader of Marketing in Vocational High School 2 Buduran Sidoarjo, the feasibility of pictorial card as a learning media and student’s response to pictorial card as a learning media. The kind of research that used in this research is Research and Development (R&D) with 4D development model consisting of four stages covering Define, Design, Develop and Disseminate. But this research is only reached the develop stage.Data collection techniques that used in this research are opened questionnaire and closed questionnair. The opened questionnair generate a qualitative data constitute the analysis from experts. The closed questionnair generate a quantitative data constitute the validation from experts and student’s response. Persentage result of validation from experts obtained from calculate the scor based on Likert scale and student’s response using Guttman scale.The result of this research show that the persentage value from material expert’s validation amounted 92% with very feasible category and media expert’s validation amounted 98% with very feasible category. Meanwhile the result of student’s response amounted 93% with very feasible category. Thus, pictorial card is very feasible to be used as the learning media in learning process. Keyword: The Development of Learning Media, Pictorial Card, Applying the Interview Procedure
Published
2018-11-28
How to Cite
NAUFAL FAJARIN, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU BERGAMBAR PADA MATERI MENERAPKAN PROSEDUR INTERVIEW MATA PELAJARAN KOMUNIKASI BISNIS SISWA KELAS X PEMASARAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 58