Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Medan Sidoarjo

  • DENA PRAMITHA ROFIANA

Abstract

Abstrak

Jaman modern sekarang ini pertumbuhan kedai kopi semakin meningkat.. Salah satu kedai kopi di Sidoarjo yang saat ini sedang di gandrungi kalangan remaja sidoarjo yaitu Kedai Kopi Medan Sidoarjo. Penerapan experiential marketing pada Kedai Kopi Medan Sidoarjo tidak hanya memberikan suatu produk yang unggul saja, namun juga memberikan pesan dan kesan emosional kepada para konsumen sehingga dapat terciptanya suatu komunitas pelanggan yang mengarah pada rekomendasi, advokasi dan hubungan pasca pembelian untuk melakukan pembelian ulang. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh experiential marketing secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Kedai Kopi Medan cabang Sidoarjo. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung Kedai Kopi Medan Sidoarjo yang melakukan kunjungan lebih dari dua kali di Kedai Kopi Medan Sidoarjo pada bulan Februari 2018 sebesar 2.524. maka sampel yang di dapat adalah 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisa data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, terlihat variabel bebas yang terdiri dari Relate , Sense , Act , Think , dan Feel secara simultan mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yaitu loyalitas dengan signifikan 0,000 dibawah 0,05. experiential marketing secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, Variabel Sense, Feel, Act, dan Relate nilai signifikan sebesar dibawah 0,05 yang berarti terdapat pengaruh secara parsial terhadap Loyalitas.

Kata Kunci : experiential marketing, Loyalitas

Abstract

In the modern now growth of coffe shop is increasing. One of the coffe shop on sidoarjo which is currently in favourite teenagers sidoarjo is Kedai Kopi Medan Sidoarjo. The application of experiential marketing at the Kedai Kopi Sidoarjo has not just to give a product superior course, but also give testimonials emotional to consumers in order to create a community customers who leads to recommendations, advocacy and post purchase relation to buy repeated. The aim of this research is to find influence experiential marketing a partial and simultaneous against customer loyalty to the Kedai Kopi Medan Sidoarjo. This research used the quantitative approach. the population in this research is customers who make the purchasing decision more than twice at Kedai Kopi Medan Sidoarjo in february 2018 as much as 2.524. So the is 96 respondents. in the present study .The technique of collecting data which used of these tests are of the questionnaire. The technique of data analysis using multiple regression linear analysis. The result has showed that experiential marketing simultaneously influences customer loyalty, variable independent consists of relate, sense, act, think, and feel simultaneously have influences on variables dependent the loyalty with a significant 0,000 under 0,05. Experiential marketing a partial influences to customer loyalty, variable sense, feel, act, and relate value by under 0,05 which means is significantly partial influence against a loyalty.

Keywords : Experiential Marketing, Loyalty

Published
2018-12-19
How to Cite
PRAMITHA ROFIANA, D. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Medan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 165