PENGEMBANGAN MODUL PERENCANAAN BISNIS BERBASIS KURIKULUM 2013 REVISI 2017 UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BLITAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan bahan ajar mata pelajaran perenanaan bisnis kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran berupa modul berbasis kurikulum 2013 revisi 2017 untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 Blitar. Jenis penelitian berupa penelitian dan pengembangan model pengembangan 4D Thiagarajan. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 2 Blitar. Analisis data dilakukan melalui analisis validasi ahli dan respon siswa. Rekapitulasi validasi kelayakan oleh ahli memperoleh nilai presentase sebesar 80% dan dinyatakan layak, sedangkan rekapitulasi angket respon siswa memperoleh nilai presentase sebesar 87,625% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli dan respon siswa mendapatkan rata-rata sebesar 83,63% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa modul perencaan bisnis berbasis kurikulum 2013 revisi 2017 untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 Blitar layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Blitar
Kata Kunci: Modul, Bahan Ajar, Pengembangan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 204