Pengembangan Media Pembelajaran Kliping KD Menganalisis Lingkungan Bisnis Kelas X Bisnis Daring Pemasaran Di SMK Negeri 1 Surabaya
Abstract
Penggunaan media Liquid Crystal Display dengan dukungan slide powerpoint saat proses pembelajaran di kelas pada mata pelajaran perencanaan bisnis kompetensi dasar menganalisis lingkungan bisnis. Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, Sedangkan dalam kurikulum 2013 siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran. Dengan dukungan slide powerpoint siswa kurang tertarik dalam membaca yang mengakibatkan turunnya literasi siswa sehingga siswa kurang berfikir kritis. Dari fenomena tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran kliping pada kompetensi dasar menganalisis lingkungan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)Pengembangan media pembelajaran kliping, 2)Kelayakan media pembelajaran kliping dari para ahli, 3)Respon siswa pada media pembelajaran kliping yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun pada tahap Disseminate tidak dilakukan pada penelitian ini. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dari hasil telaah validator dan data kuantitatif dari uji validasi dari para ahli dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik presentase untuk mengetahui kelayakan hasil validasi dan respon siswa. Hasil penelitian ini menghasilkan prototype produk pengembangan berupa media pembelajaran kliping berbentuk buletin, Hasil kelayakan dari validator (Ahli materi, Bahasa, dan media) sebesar 77,63% dan Respon siswa terhadap media pembelajaran kliping yang dikembangkan sebesar 97% dengan kriteria sangat layak.
Kata Kunci : Model Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Kliping
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 232