ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT PADA UKM INTAKO TANGGULANGIN, SIDOARJO
Abstract
ABSTRAK
UKM INTAKO Tanggulangin Sidoarjo merupakan suatu tempat yang di dirikan oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk pemasaran produk-produk dari para pemilik UKM yang menjual produk Tas dan Koper. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitaif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah para Pengelola, Ketua Koperasi INTAKO, dan Disperindag. Teknik analisis yang dilakukan peneliti melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal meliputi aspek pemasaran, promosi, keuangan, dan operasional serta faktor ekternal yang meliputi aspek ekonomi, demografi, pemerintah, teknologi, dan kekuatan kompetitif. Berdasarkan hasil analisis data dari perhitungan matriks SWOT diperoleh total skor Kekuatan (1,97), Peluang (1,49), Kelemahan (1,31), dan Ancaman (1,54). Dimana menghasilkan posisi strategi ST (Kekuatan dan Ancaman). UKM INTAKO Tanggulangin Sidoarjo harus bekerjasama dengan pihak pemerintah dalam peningkatan pemasaran produk dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sedang berkembang serta meningkatkan pelayanan penjualan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks SWOT
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 628