ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT PADA UKM INTAKO TANGGULANGIN, SIDOARJO

  • M TOMMY ARTHA

Abstract

ABSTRAK

UKM INTAKO Tanggulangin Sidoarjo merupakan suatu tempat yang di dirikan oleh pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk pemasaran produk-produk dari para pemilik UKM yang menjual produk Tas dan Koper. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif kualitaif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah para Pengelola, Ketua Koperasi INTAKO, dan Disperindag. Teknik analisis yang dilakukan peneliti melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengidentifikasi faktor internal meliputi aspek pemasaran, promosi, keuangan, dan operasional serta faktor ekternal yang meliputi aspek ekonomi, demografi, pemerintah, teknologi, dan kekuatan kompetitif. Berdasarkan hasil analisis data dari perhitungan matriks SWOT diperoleh total skor Kekuatan (1,97), Peluang (1,49), Kelemahan (1,31), dan Ancaman (1,54). Dimana menghasilkan posisi strategi ST (Kekuatan dan Ancaman). UKM INTAKO Tanggulangin Sidoarjo harus bekerjasama dengan pihak pemerintah dalam peningkatan pemasaran produk dan memanfaatkan kemajuan teknologi yang sedang berkembang serta meningkatkan pelayanan penjualan.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks SWOT

Published
2019-07-12
How to Cite
TOMMY ARTHA, M. (2019). ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT PADA UKM INTAKO TANGGULANGIN, SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 520
PDF Downloads: 628