PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN INSTAGRAM MARKETING SEBAGAI SUMBER BELAJAR WIRAUSAHA PEMULA
Abstract
Berwirausaha salah satu cara bekerja dan meniti karir sesorang untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang. Perkembangan pengguna instagram yang mencapai 2 milliar memberikan peluang untuk berwirausaha. Pengamatan yang dilakukan pada akun bisnis wirausaha pemula terdapat permasalahan yakni akun yang dibuat kurang efektif dan efesien dalam mempromosikan produk, itu terjadi karena kurang pengetahuan dan pengalaman. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan Instagram Marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula yang memenuhi kriteria kelayakan. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Borg dan Gall (2008: 10) yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Variabel yang dikaji adalah unsur kelayakan (feasibility) yaitu kelayakan kegrafikan, kelayakan materi atau isi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan penyajian. (BSNP, 2007). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian validator ahli materi menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (85,33%), penilaian validator ahli media menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (96,67%), dan menurut penilaian ahli praktisi menunjukkan kriteria “layak dengan predikat sangat baik” (85,64%), dengan rata-rata keseluruhan dari validator ahli menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (89,21%). Adapun hasil penilaian dari uji coba pengguna (wirausaha pemula) menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (88%). Berdasarkan dari penilaian tersebut, maka buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, buku panduan, instagram marketing, wirausaha pemula
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 379