PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN INSTAGRAM MARKETING SEBAGAI SUMBER BELAJAR WIRAUSAHA PEMULA

  • M. AFIQ LUTHFIL HADI

Abstract

Berwirausaha salah satu cara bekerja dan meniti karir sesorang untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang. Perkembangan pengguna instagram yang mencapai 2 milliar memberikan peluang untuk berwirausaha. Pengamatan yang dilakukan pada akun bisnis wirausaha pemula terdapat permasalahan yakni akun yang dibuat kurang efektif dan efesien dalam mempromosikan produk, itu terjadi karena kurang pengetahuan dan pengalaman. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan Instagram Marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula yang memenuhi kriteria kelayakan. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Borg dan Gall (2008: 10) yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Variabel yang dikaji adalah unsur kelayakan (feasibility) yaitu kelayakan kegrafikan, kelayakan materi atau isi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan penyajian. (BSNP, 2007). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian validator ahli materi menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (85,33%), penilaian validator ahli media menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (96,67%), dan menurut penilaian ahli praktisi menunjukkan kriteria “layak dengan predikat sangat baik” (85,64%), dengan rata-rata keseluruhan dari validator ahli menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (89,21%). Adapun hasil penilaian dari uji coba pengguna (wirausaha pemula) menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (88%). Berdasarkan dari penilaian tersebut, maka buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan.

Kata kunci: Pengembangan, buku panduan, instagram marketing, wirausaha pemula

Published
2019-07-20
How to Cite
AFIQ LUTHFIL HADI, M. (2019). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN INSTAGRAM MARKETING SEBAGAI SUMBER BELAJAR WIRAUSAHA PEMULA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 433
PDF Downloads: 379