PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MARKETING E-MODUL’ PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X PEMASARAN DI SMK N 1 LAMONGAN

  • ISNA AULIA NUR HABIBAH

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan: 1) Mendiskripsikan proses pengembangan Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran di kompetensi dasar menganalisis pasar; 2) Bagaimana kelayakan dari Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menganalisis pasar; 3) Bagaimana respon siswa setelah menerapkan Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menganalisis pasar. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajaan yang terdiri dari empat tahap define, design, develop, disseminate. Penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Marketing E-Modul pada kompetensi dasar menganalisis pasar memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 81,17% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil persentase ini diperoleh dari beberapa hasil penilaian validasi diantaranya validasi ahli materi sejumlah 85,3%, validasi ahli bahasa sejumlah 77,90%, dan validasi ahli media sejumlah 80,31%. Hasil presentase dari respon siswa pada uji coba 1 sejumlah 95%dan hasil uji coba lapangan sejumlah 92,13%.Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Marketing E-Modul
Published
2019-07-20
How to Cite
AULIA NUR HABIBAH, I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MARKETING E-MODUL’ PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X PEMASARAN DI SMK N 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 481