PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MARKETING E-MODUL’ PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X PEMASARAN DI SMK N 1 LAMONGAN
Abstract
AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan: 1) Mendiskripsikan proses pengembangan Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran di kompetensi dasar menganalisis pasar; 2) Bagaimana kelayakan dari Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menganalisis pasar; 3) Bagaimana respon siswa setelah menerapkan Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menganalisis pasar. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajaan yang terdiri dari empat tahap define, design, develop, disseminate. Penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Marketing E-Modul pada kompetensi dasar menganalisis pasar memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 81,17% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil persentase ini diperoleh dari beberapa hasil penilaian validasi diantaranya validasi ahli materi sejumlah 85,3%, validasi ahli bahasa sejumlah 77,90%, dan validasi ahli media sejumlah 80,31%. Hasil presentase dari respon siswa pada uji coba 1 sejumlah 95%dan hasil uji coba lapangan sejumlah 92,13%.Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Marketing E-Modul
Published
2019-07-20
How to Cite
AULIA NUR HABIBAH, I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MARKETING E-MODUL’ PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR KELAS X PEMASARAN DI SMK N 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Issue
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 481