PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET TERINTEGRASI MEDIA ONLINE PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DI SMK NEGERI 2 BUDURAN

  • FITRA RAHMAWATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan booklet terintegrasi sumber dan materi belajar di internet berupa video yang relevan dengan materi pelajaran yang layak digunakan guru untuk menyampaikan materi kepada siswa, 2) Mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon siswa terhadap booklet terintegrasi media online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D (Research and Development ) dengan menggunakan model pendekatan 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974 ). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil 1) Booklet berhasil dikembangkan menggunakan metode R&D dengan model 4-D, 2) Booklet yang dikembangkan mendapatkan nilai validasi ahli dengan presentase sebesar 92% dengan kreteria “Sangat Layak”, 2) Booklet yang dikembangkan mendapatkan nilai respon siswa dengan presentase sebesar 92,8% dengan kriteria “Sangat Layak”.

Kata kunci: Booklet, Media Pembelajaran, Marketing, Terintegrasi Media Online

Published
2019-08-07
How to Cite
RAHMAWATI, F. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET TERINTEGRASI MEDIA ONLINE PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DI SMK NEGERI 2 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 170