PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET TERINTEGRASI MEDIA ONLINE PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PASAR MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DI SMK NEGERI 2 BUDURAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan booklet terintegrasi sumber dan materi belajar di internet berupa video yang relevan dengan materi pelajaran yang layak digunakan guru untuk menyampaikan materi kepada siswa, 2) Mengetahui kelayakan booklet yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon siswa terhadap booklet terintegrasi media online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D (Research and Development ) dengan menggunakan model pendekatan 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974 ). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil 1) Booklet berhasil dikembangkan menggunakan metode R&D dengan model 4-D, 2) Booklet yang dikembangkan mendapatkan nilai validasi ahli dengan presentase sebesar 92% dengan kreteria “Sangat Layak”, 2) Booklet yang dikembangkan mendapatkan nilai respon siswa dengan presentase sebesar 92,8% dengan kriteria “Sangat Layak”.
Kata kunci: Booklet, Media Pembelajaran, Marketing, Terintegrasi Media Online
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 170