PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE APP BUILDER “APPY PIE” PADA PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL KELAS XI BDP DI SMKN 4 SURABAYA
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis Appy Pie, (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis Appy Pie, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis Appy Pie. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Lembar validasi ahli untuk mendapatkan penilaian media pembelajaran berbasis Appy Pie, (2) Lembar telaah ahli untuk mendapatkan penilaian berupa saran yang perlu direvisi pada media pembelajaran. (3) Angket respon peserta didik digunakan untuk melihat penilaian setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90%, penilaian ahli bahasa menunjukkan hasil 73%, dan penilaian ahli media mendapatkan hasil sebesar 85%. Penilaian dari uji coba terbatas menunjukkan hasil sebesar 93%, dan dari uji coba kelas lapangan mendapatkan hasil 94%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah media berbasis Appy pie dapat digunakan dalam pemasaran bisnis online.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Appy Pie, Pemasaran Online, Media sosial
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 542