PENGEMBANGAN MODUL MATERI MENGANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

  • FITROTUL ISTIQOMAH

Abstract

Penelitian menghasilkan bahan ajar modul pembelajaran Kompetensi Dasar menganalisis segmentasi pasar untuk Sekolah Menengah Kejuruan di program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: define,design,develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, vlidasi ahli, dan angket respon peserta didik. Hasil uji coba, baik dari para ahli maupun peserta didik menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dari penelitian ini dapat diterima, direspons dengan baik, dan layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kelayakan ini dapat diketahui dari hasil penelitian yang diperoleh dari keseluruhan hasil validasi materi, ahli bahasa, dan ahli media sebesar 85% dengan kriteria sangat layak. Serta hasil angket respon peserta didik sebesar 92% dengan kriteria sangat layak dan pada uji coba kelompok kecil sebesar 81% dengan kriteria sangat layak.

Kata Kunci: isi, format, artikel.

Published
2019-08-07
How to Cite
ISTIQOMAH, F. (2019). PENGEMBANGAN MODUL MATERI MENGANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING KELAS X BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 114