Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Olahan Hasil Laut Kenjeran
Abstract
Olahan hasil laut Kenjeran ada banyak pilihan seperti ikan asap, ikan kering, kerupuk dan aksesoris yang terbuat dari kerang. Pertumbuhan UKM di Surabaya cukup baik, dari fenomena tersebut semua elemen bisnis mengalami persaingan yang cukup ketat untuk mencuri hati para konsumen.Untuk memenangkan persaingan maka dalam memasarkan produk-produk dibutuhkan berbagai macam strategi untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor.Penelitian ini dilakukan pada pedagang olahan hasil laut Kenjeran yang berjualan di sentra ikan Bulak yang terletak di jl. Cumpat Bulak No. 1 Surabaya.Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probabylity berbentuk sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang rsesponden.Hasil penelitian menunjukkan H1 menyatakan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, H2 menyatakan Orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan H3 menyatakan inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh terhadap Kinerja pemasaran pada Sentra olahan Hasil laut Kenjeran.Dari hasil hitung koefisien determinasi menunjukkan bahwasannya kontribusi variabel bebas yaitu inovasi produk (X1) dan orientasi pasar (X2) terhadap kinerja pemasaran (Y) sebesar 66.5% sedangkan 33.5% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran untuk sentra olahan hasil laut Kenjeran adalah harus dapat terus meningkatkan kinerja pemasaran agar lebih maksimal, dan penambahan ide baru perlu diperhatikan sehingga mempermudah sentra olahan hasil laut Kenjeran dalam berinovasi.Kata Kunci : Inovasi produk, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran
Published
2019-08-12
How to Cite
AISAH LUXVIATI, S. (2019). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Olahan Hasil Laut Kenjeran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Issue
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 113