Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Olahan Hasil Laut Kenjeran

  • SITI AISAH LUXVIATI

Abstract

Olahan hasil laut Kenjeran ada banyak pilihan seperti ikan asap, ikan kering, kerupuk dan aksesoris yang terbuat dari kerang. Pertumbuhan UKM di Surabaya cukup baik, dari fenomena tersebut semua elemen bisnis mengalami persaingan yang cukup ketat untuk mencuri hati para konsumen.Untuk memenangkan persaingan maka dalam memasarkan produk-produk dibutuhkan berbagai macam strategi untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor.Penelitian ini dilakukan pada pedagang olahan hasil laut Kenjeran yang berjualan di sentra ikan Bulak yang terletak di jl. Cumpat Bulak No. 1 Surabaya.Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah non-probabylity berbentuk sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang rsesponden.Hasil penelitian menunjukkan H1 menyatakan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, H2 menyatakan Orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan H3 menyatakan inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh terhadap Kinerja pemasaran pada Sentra olahan Hasil laut Kenjeran.Dari hasil hitung koefisien determinasi menunjukkan bahwasannya kontribusi variabel bebas yaitu inovasi produk (X1) dan orientasi pasar (X2) terhadap kinerja pemasaran (Y) sebesar 66.5% sedangkan 33.5% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran untuk sentra olahan hasil laut Kenjeran adalah harus dapat terus meningkatkan kinerja pemasaran agar lebih maksimal, dan penambahan ide baru perlu diperhatikan sehingga mempermudah sentra olahan hasil laut Kenjeran dalam berinovasi.
Kata Kunci : Inovasi produk, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran
Published
2019-08-12
How to Cite
AISAH LUXVIATI, S. (2019). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Olahan Hasil Laut Kenjeran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 113