PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBCOMIC PADA KOMPETENSI DASAR MENGEVALUASI WEBSITE DI KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN (BDP) SMK

Penulis

  • INDY ASTIRA KAUSE PUTRI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%25p

Abstrak

Era digital memiliki persaingan ketat bagi sekolah untuk mempersiapkan peserta didik khususnya pada aspek kognitif. Fakta yang ditemukan pada potensi dan masalah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memahami materi didalam Kompetensi Dasar Mengevaluasi Website. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran webcomic. Adapun penelitian ini memilih model penelitian 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi dan angket/kuesioner. Subjek penelitian diambil sebanyak 8 orang (uji terbatas) dan 20 orang (uji lapangan) di kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran. Hasil penilaian para validator memiliki presentasi sebesar 87%. Selanjutnya, tahap uji coba terbatas presentase 85%, pada tahap uji coba kelas besar presentase 92%. Peningkatan presentase respon peserta didik dapat menjadi salah satu acuan bahwa media pembelajaran webcomic layak menjadi salah satu media pembelajaran pendukung saat pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Webcomic, Pemasaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-08-22

Cara Mengutip

ASTIRA KAUSE PUTRI, I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBCOMIC PADA KOMPETENSI DASAR MENGEVALUASI WEBSITE DI KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN (BDP) SMK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n2.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 112 , PDF Downloads: 98