PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBCOMIC PADA KOMPETENSI DASAR MENGEVALUASI WEBSITE DI KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN (BDP) SMK
Abstract
Era digital memiliki persaingan ketat bagi sekolah untuk mempersiapkan peserta didik khususnya pada aspek kognitif. Fakta yang ditemukan pada potensi dan masalah menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum memahami materi didalam Kompetensi Dasar Mengevaluasi Website. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan media dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran webcomic. Adapun penelitian ini memilih model penelitian 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974) dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa observasi dan angket/kuesioner. Subjek penelitian diambil sebanyak 8 orang (uji terbatas) dan 20 orang (uji lapangan) di kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran. Hasil penilaian para validator memiliki presentasi sebesar 87%. Selanjutnya, tahap uji coba terbatas presentase 85%, pada tahap uji coba kelas besar presentase 92%. Peningkatan presentase respon peserta didik dapat menjadi salah satu acuan bahwa media pembelajaran webcomic layak menjadi salah satu media pembelajaran pendukung saat pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Webcomic, Pemasaran
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 74