KONTRIBUSI KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP NILAI AKADEMIK SISWA KELAS XII JURUSAN PEMASARAN DI LBB EPSILON GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi nilai akademik peserta Bimbingan Belajar kelas XII jurusan Pemasaran di LBB Epsilon dan untuk mengetahui kontribusi keikutertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik baik secara parsial maupun simultan menggunakan analisis deskriptif dengan Pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 34 siswa yang mengikuti Biimbel di LBB Epsilon. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kondisi nilai akademik peserta bimbingan belajar di LBB Epsilon mengalami peningkatan setelah mengikuti bimbingan belajar (2) variabel keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap nilai akademik. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar saling berkaitan satu sama lain. Hasil uji adjusted R2 pada penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0,548 . Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh keikutsertaan bimbingan belajar, dan motivasi belajar terhadap nilai akademik adalah sebesar 54,8 % dan sisanya sebesar 46,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 85