KONTRIBUSI KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP NILAI AKADEMIK SISWA KELAS XII JURUSAN PEMASARAN DI LBB EPSILON GRESIK

  • GRESSYNTA MEIDYNA FAYAKUNIKMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kondisi nilai akademik peserta Bimbingan Belajar kelas XII jurusan Pemasaran di LBB Epsilon dan untuk mengetahui kontribusi keikutertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar terhadap nilai akademik baik secara parsial maupun simultan menggunakan analisis deskriptif dengan Pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 34 siswa yang mengikuti Biimbel di LBB Epsilon. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kondisi nilai akademik peserta bimbingan belajar di LBB Epsilon mengalami peningkatan setelah mengikuti bimbingan belajar (2) variabel keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap nilai akademik. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar saling berkaitan satu sama lain. Hasil uji adjusted R2 pada penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0,548 . Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh keikutsertaan bimbingan belajar, dan motivasi belajar terhadap nilai akademik adalah sebesar 54,8 % dan sisanya sebesar 46,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.




Published
2019-10-01
How to Cite
MEIDYNA FAYAKUNIKMAH, G. (2019). KONTRIBUSI KEIKUTSERTAAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP NILAI AKADEMIK SISWA KELAS XII JURUSAN PEMASARAN DI LBB EPSILON GRESIK. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 85