PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN PRODUK UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran mobile learning berbasis android yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengetahuan produk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surabaya. Pengembangn 4D yaitu, tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (development), Penelitian penyebaran dilakukan sampai dengan tahap development dengan menghasilkan prototype media pembelajaran.
Instrumen yang dilakukan oleh peneliti ini meliputi lembar telaah, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar angket respon siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Surabaya, di ujicobakan pada siswa kelas XI Pemasaran 1 dari ujicoba kelompok kecil 10 siswa, dan uji coba kelompok besar diujicobakan pada kelas XI Pemasaran 2 sebanyak 32 siswa.
Hal ini dibuktikan dari data nilai presentase validasi ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 83,63%. Validsi ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata sebesar 91%. Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 89,10%. Dan respon siswa memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 89,45%. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran pengetahuan produk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surabaya ini termasuk dalam kriteria sangat layak.
Kata Kunci :Media Pembelajaran, Mobile learning, Model pengembangan 4D
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 110