PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN PRODUK UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • SITI AISYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran mobile learning berbasis android yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengetahuan produk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surabaya. Pengembangn 4D yaitu, tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (development), Penelitian penyebaran dilakukan sampai dengan tahap development dengan menghasilkan prototype media pembelajaran.

Instrumen yang dilakukan oleh peneliti ini meliputi lembar telaah, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar angket respon siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Surabaya, di ujicobakan pada siswa kelas XI Pemasaran 1 dari ujicoba kelompok kecil 10 siswa, dan uji coba kelompok besar diujicobakan pada kelas XI Pemasaran 2 sebanyak 32 siswa.

Hal ini dibuktikan dari data nilai presentase validasi ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata sebesar 83,63%. Validsi ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata sebesar 91%. Validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 89,10%. Dan respon siswa memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 89,45%. Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran pengetahuan produk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surabaya ini termasuk dalam kriteria sangat layak.

Kata Kunci :Media Pembelajaran, Mobile learning, Model pengembangan 4D

Published
2019-10-02
How to Cite
AISYAH, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN PRODUK UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 110