PENGEMBANGAN MEDIA MODUL DIGITAL PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KOMUNIKASI BISNIS KELAS X BDP SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Jombang, yang mana penelitian ini bertujuan, 1) mengembangkan media modul digital pada KD 3.1 dan 4.1 menerapkan komunikasi bisnis., 2) mengetahui kelayakan pengembangan media modul digital., 3) mengetahui respon peserta didik pada pengembangan media modul digital. Penelitian ini dilaksakan dengan menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model 4D oleh Tiagarajan, Semmel and semmel (1974). Adapun tahap penelitian ini meliputi, 1) pendefinisian (define)., 2) perancangan (design)., 3) pengembangan (develop)., dan penyebaran (disseminate) namun tahap ini tidak dilaksanakan karena terdapat batas kemampuan tenaga, biaya dan waktu oleh peneliti. Adapun hasil yang ditunjukkan pada penelitian ini yaitu, 1) media modul digital telah berhasil dikembangkan melalui metode dan pengembangan R&D dengan model 4D., 2) media modul digital yang dikembangkan mendapat presentase oleh ahli materi dan ahli media sebesar 94,4% dengan kriteria “sangat layak”, 3) pada data hasil respon siswa mendapat nilai secara keseluruhan sebesar 97,2% dengan kriteria “sangat layak”. Dapat disimpulkan bahwa dari hasil penilaian ahli materi, ahli media dan respon siswa pada media yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diterapkan sebagai media pendukung berupa Modul Digital.
Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Modul Digital, Komunikasi Bisnis.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 201