PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PENATAAN PRODUK MATERI PENATAAN PRODUK DI SMKN 2 BUDURAN KELAS XI
Abstract
Pada kurikulum 2013, siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 2 Buduran masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Kartu Kuartet, mendeskripsikan kelayakan media kartu kuartet, mengetahui dan menganalisis efektivitas penggunaan media kartu kuartet, serta mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media kartu kuartet. Subjek penelitian merupakan 34 siswa kelas XI BDP 1 yang dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran permainan kartu kuartet dan kelas kontrol `yang menggunakan media pembelajaran power point. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan media kartu kuartet menggunakan model pengembangan media ADDIE, (2) media kartu kuartet dinilai sangat layak oleh ahli materi, ahli bahasa, dan guru mata pelajaran, sedangkan ahli media menilai media kartu kuartet ‘layak’, (3) respon siswa terhadap media menunjukkan hasil ‘sangat layak’. Uji –t digunakan untuk melihat efektivitas media, hasilnya menunjukkan adanya perbedaan antara nilai tes formatif 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan selisih rerata 8.2 nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Media Pembelajaran, Permainan Kartu Kuartet.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 75