PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PENATAAN PRODUK MATERI PENATAAN PRODUK DI SMKN 2 BUDURAN KELAS XI

  • UMI MAFULATUL LATIFAH

Abstract

Pada kurikulum 2013, siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 2 Buduran masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Kartu Kuartet, mendeskripsikan kelayakan media kartu kuartet, mengetahui dan menganalisis efektivitas penggunaan media kartu kuartet, serta mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media kartu kuartet. Subjek penelitian merupakan 34 siswa kelas XI BDP 1 yang dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran permainan kartu kuartet dan kelas kontrol `yang menggunakan media pembelajaran power point. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan media kartu kuartet menggunakan model pengembangan media ADDIE, (2) media kartu kuartet dinilai sangat layak oleh ahli materi, ahli bahasa, dan guru mata pelajaran, sedangkan ahli media menilai media kartu kuartet ‘layak’, (3) respon siswa terhadap media menunjukkan hasil ‘sangat layak’. Uji –t digunakan untuk melihat efektivitas media, hasilnya menunjukkan adanya perbedaan antara nilai tes formatif 2 kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan selisih rerata 8.2 nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Media Pembelajaran, Permainan Kartu Kuartet.

Published
2019-11-22
How to Cite
MAFULATUL LATIFAH, U. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PENATAAN PRODUK MATERI PENATAAN PRODUK DI SMKN 2 BUDURAN KELAS XI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 75