PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL KOMPETENSI DASAR ANALISIS HUBUNGAN PELANGGAN KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran mobile learning dalam bentuk buku saku digital. (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaan mobile learning dalam bentuk buku saku digital. (3) Mengetahui respon peserta didik kelas X pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo pada penggunaan media pembelajaran mobile learning dalam bentuk buku saku digital. Metode penelitian ini mengadopsi teori pengembangan dari Thiagarajaan, Semmel and Sammel yaitu model 4D yang terdiri dari 4 tahap Pendefinisisan (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji telaah dan uji validasi oleh para ahli serta angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berdasarkan lembar telaah para ahli dan persentase berdasarkan hasil uji validasi para ahli. Hasil dari validasi menunjukan bahwa rata-rata skor dari ahli materi 83%, kelayakan dari media sebesar 96%, kelayakan bahasa sebesar 98,57% serta respon siswa sebesar 95,5%. Secara keseluruhan didapatkan skor sebesar 92,52% yang artinya termasuk dalam kritetria sangat layak.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 100