PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL KOMPETENSI DASAR ANALISIS HUBUNGAN PELANGGAN KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • ALPA TIA ULPAYANA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran mobile learning dalam bentuk buku saku digital. (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaan mobile learning dalam bentuk buku saku digital. (3) Mengetahui respon peserta didik kelas X pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo pada penggunaan media pembelajaran mobile learning dalam bentuk buku saku digital. Metode penelitian ini mengadopsi teori pengembangan dari Thiagarajaan, Semmel and Sammel yaitu model 4D yang terdiri dari 4 tahap Pendefinisisan (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji telaah dan uji validasi oleh para ahli serta angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berdasarkan lembar telaah para ahli dan persentase berdasarkan hasil uji validasi para ahli. Hasil dari validasi menunjukan bahwa rata-rata skor dari ahli materi 83%, kelayakan dari media sebesar 96%, kelayakan bahasa sebesar 98,57% serta respon siswa sebesar 95,5%. Secara keseluruhan didapatkan skor sebesar 92,52% yang artinya termasuk dalam kritetria sangat layak.

Published
2019-12-02
How to Cite
TIA ULPAYANA, A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL KOMPETENSI DASAR ANALISIS HUBUNGAN PELANGGAN KELAS X PEMASARAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 100