PENGARUH BAURAN RITEL (BARANG DAGANGAN, HARGA, PROMOSI, PELAYANAN DAN FASILITAS FISIK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pengunjung Mr D.I.Y Di Mall Suncity Sidoarjo)

  • LUQMANA AHMADI

Abstract

Keberadaan gerai ritel asing saat ini semakin banyak, khusunya gerai ritel yang menyediakan alat rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari. Perusahaan ritel satu sama lain semakin bersaing dan berupaya untuk menarik pengunjung agar terjadi adanya keputusan pembelian. Upaya toko ritel untuk mempengaruhi pengunjung agar dapat terjadi keputusan pembelian ialah dengan merancang serangkaian strategi bauran ritel yang tepat. Apakah penyediaan barang dagangan yang beragam, penetapan harga yang tepat, kegiatan promosi serta periklanan yang menarik, pelayanan yang memuaskan dan fasilitas fisik yang lengkap akan memberikan dorongan dan motivasi seorang pengunjung untuk memutuskan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Ritel (Barang Dagangan, Harga, Promosi, Pelayanan Dan Fasilitas Fisik) Terhadap Keputusan Pembelian Di MR D.I.Y Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah pengunjung gerai MR D.I.Y dengan jumlah sebesar 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Barang dagangan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (3) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (4) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (5) Fasilitas fisik berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, dan (6) secara simultan barang dagangan, harga, promosi, pelayanan dan fasilitas fisik berpengaruh terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y.




Published
2019-12-09
How to Cite
AHMADI, L. (2019). PENGARUH BAURAN RITEL (BARANG DAGANGAN, HARGA, PROMOSI, PELAYANAN DAN FASILITAS FISIK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pengunjung Mr D.I.Y Di Mall Suncity Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 515
PDF Downloads: 671