PENGARUH BAURAN RITEL (BARANG DAGANGAN, HARGA, PROMOSI, PELAYANAN DAN FASILITAS FISIK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pengunjung Mr D.I.Y Di Mall Suncity Sidoarjo)
Abstract
Keberadaan gerai ritel asing saat ini semakin banyak, khusunya gerai ritel yang menyediakan alat rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari. Perusahaan ritel satu sama lain semakin bersaing dan berupaya untuk menarik pengunjung agar terjadi adanya keputusan pembelian. Upaya toko ritel untuk mempengaruhi pengunjung agar dapat terjadi keputusan pembelian ialah dengan merancang serangkaian strategi bauran ritel yang tepat. Apakah penyediaan barang dagangan yang beragam, penetapan harga yang tepat, kegiatan promosi serta periklanan yang menarik, pelayanan yang memuaskan dan fasilitas fisik yang lengkap akan memberikan dorongan dan motivasi seorang pengunjung untuk memutuskan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Ritel (Barang Dagangan, Harga, Promosi, Pelayanan Dan Fasilitas Fisik) Terhadap Keputusan Pembelian Di MR D.I.Y Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah pengunjung gerai MR D.I.Y dengan jumlah sebesar 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Barang dagangan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (3) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (4) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, (5) Fasilitas fisik berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y, dan (6) secara simultan barang dagangan, harga, promosi, pelayanan dan fasilitas fisik berpengaruh terhadap Keputusan pembelian di MR D.I.Y.
Published
2019-12-09
How to Cite
AHMADI, L. (2019). PENGARUH BAURAN RITEL (BARANG DAGANGAN, HARGA, PROMOSI, PELAYANAN DAN FASILITAS FISIK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Pengunjung Mr D.I.Y Di Mall Suncity Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Issue
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 671