Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Edmodo pada pokok bahasan Analisis Lingkungan Bisnis pada siswa kelas X SMKN 4 Surabaya
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Edmodo pada pokok bahasan analisis lingkungan bisnis. Pengembangan media pembelajaran berbasis Edmodo menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian sebanyak 35 siswa, dan implementasi penelitiannya dilakukan sebanyak 2 kali menggunakan kelas kecil dan kelas besar. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan soal pre-test dan Post-test. Teknik Analisis penelitian menggunakan skala Likert. Media pembelajaran berbasis Edmodo Layak dari segi kelayakan materi dan mendapatkan rata-rata keseluruhan skor sebesar 82,72% dan dari segi kelayakan media mendapat kategori Layak dengan perolehan rata-rata keseluruhan skor sebesar 90,71%. Media Pembelajaran berbasis Edmodo Layak digunakan sebagai Media pembelajaran di kelas.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Edmodo, Kelayakan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 39