Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Edmodo pada pokok bahasan Analisis Lingkungan Bisnis pada siswa kelas X SMKN 4 Surabaya

  • EKO BUDI MARJONO
  • TRI SUDARWANTO

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Edmodo pada pokok bahasan analisis lingkungan bisnis. Pengembangan media pembelajaran berbasis Edmodo menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian sebanyak 35 siswa, dan implementasi penelitiannya dilakukan sebanyak 2 kali menggunakan kelas kecil dan kelas besar. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan soal pre-test dan Post-test. Teknik Analisis penelitian menggunakan skala Likert. Media pembelajaran berbasis Edmodo Layak dari segi kelayakan materi dan mendapatkan rata-rata keseluruhan skor sebesar 82,72% dan dari segi kelayakan media mendapat kategori Layak dengan perolehan rata-rata keseluruhan skor sebesar 90,71%. Media Pembelajaran berbasis Edmodo Layak digunakan sebagai Media pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Edmodo, Kelayakan

Published
2020-01-20
How to Cite
BUDI MARJONO, E., & SUDARWANTO, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Edmodo pada pokok bahasan Analisis Lingkungan Bisnis pada siswa kelas X SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 39