PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DIGITAL PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN KONSEP PEMASARAN ONLINE KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • ANISA BAHTIAR
  • RAYA SULISTYOWATI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Menjelaskan dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Crossword Puzzle Digital, 2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran, 3) Mengetahui respon peserta didik. Model pada penelitian ini adalah 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, Disseminate, tetapi penelitian ini hanya sampai Develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Lember telaah ahli digunakan untuk mendapatkan penilaian berupa saran revisi media pembelajaran. 2) Lembar validasi ahli berfungsi untuk memberikan penilaian media pembelajaran Crossword Puzzle Digital. 3) Angket respon peserta didik berfungsi untuk melihat penilaian peserta didik terhadap media Crossword Puzzle Digital. Didapat penilaian validasi ahli materi mendapatkan 88% dengan kategori sangat layak, penilaian validasi ahli media mendapatkan 80% dengan kategori layak, dan uji coba lapangan mendapatkan hasil 91,9% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan penelitian pengembangan media Crossword Puzzle Digital dapat digunakan dalam pembelajaran bisnis Online.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Crossword Puzzle Digital, Adobe Flash CS6, Konsep Pemasaran Online

Abstract

This study has the following objectives: 1) Explain and know the process of developing a Crossword Puzzle Digital learning media, 2) Describe the feasibility of learning media, 3) Determine students responses. The model in this study is 4D which consists of Define, Design, Develop, Disseminate, but this research only goes to Develop. The research instruments used were: 1) Lembers expert analysis was used to obtain an assessment in the form of a revised suggestion of learning media. 2) Expert validation sheet serves to provide an assessment of Crossword Puzzle Digital learning media. 3) Questionnaire responses of students function to see students assessments of the Crossword Puzzle Digital media. Obtained the validation assessment of the material experts received 88% in the very feasible category, the validation assessment of the media experts received 80% in the feasible category, and field trials received 91.9% in the very feasible category. The conclusion of Crossword Puzzle Digital media development research can be used in online business learning.

Keywords:.Learning Media, Crossword Puzzle Digital, Adobe Flash CS6, Online Marketing Concepts
Published
2020-01-23
How to Cite
BAHTIAR, A., & SULISTYOWATI, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DIGITAL PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN KONSEP PEMASARAN ONLINE KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v7n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 252
PDF Downloads: 773