PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK MATERI SHELVING (RAK) KELAS XI BDP SMK NEGERI 2 KEDIRI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang dapat di implentasikan untuk mempertajam pemahaman peserta didik. Penelitian pengembangan media video tutorial bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial (2) mengetahui tingkat kelayakan media video (3) mengetahui respon peserta didik pada media pembelajaran berbasis video. Uji coba dilakukan kepada 35 siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dari Raiser dan Mollenda (1990), yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implementation tetapi tidak menggunakan tahap Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 90% dan hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 93%. Sedangkan hasil angket respons peserta didik sebesar 88,5% pada uji coba lapangan dengan kategori “Sangat Baik”.Kata Kunci: Media pembelajaran, video tutorial, shelving
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 869