PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK MATERI SHELVING (RAK) KELAS XI BDP SMK NEGERI 2 KEDIRI

  • LINTANG GUMELAR
  • TRI SUDARWANTO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang dapat di implentasikan untuk mempertajam pemahaman peserta didik. Penelitian pengembangan media video tutorial bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupa video tutorial (2) mengetahui tingkat kelayakan media video (3) mengetahui respon peserta didik pada media pembelajaran berbasis video. Uji coba dilakukan kepada 35 siswa kelas XI BDP 1 SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dari Raiser dan Mollenda (1990), yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implementation tetapi tidak menggunakan tahap Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video tutorial dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil validasi materi memperoleh persentase sebesar 90% dan hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 93%. Sedangkan hasil angket respons peserta didik sebesar 88,5% pada uji coba lapangan dengan kategori “Sangat Baik”.Kata Kunci: Media pembelajaran, video tutorial, shelving

Published
2020-06-29
How to Cite
GUMELAR, L., & SUDARWANTO, T. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENATAAN PRODUK MATERI SHELVING (RAK) KELAS XI BDP SMK NEGERI 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/34996
Section
Article