Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kebiasaan BelajarTerhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga UNESA)

  • ANGEN DYAH PRADITASARI HARIONO
  • NOVI MARLENA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga 2016 hingga 2018, sampel sebanyak 208 mahasiswa dengan teknik pengambilan nonprobability sampling yang menggunakan sampel jenuh (sensus). Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa, tetapi variabel kebiasaan belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar. Sedangkan motivasi belajar dan kebiasaan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Kebiasaan Belajar; Prestasi Belajar

Published
2020-07-09
How to Cite
DYAH PRADITASARI HARIONO, A., & MARLENA, N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kebiasaan BelajarTerhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Niaga UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35437
Section
Article