BEAUTY VLOGGER SEBAGAI MODERASI PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di Surabaya, 2) pengaruh beauty vlogger sebagai variabel moderasi citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah di Surabaya. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sample dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner yang disebarkan secara online. Populasi penelitian ini yakni konsumen wanita pengguna kosmetik wardah di Surabaya. Peneliti mengambil 100 orang sampel berdasarkan rumus Wibisono. Teknik analisis yang digunakan yakni uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian yakni variabel citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel beauty vlogger tidak memoderasi variabel citra merek terhadap keputusan pembelian.
References
Andayani, Endah; Triastity; Widajanti, E. (2016). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler AS dengan Celebrity Endorser Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan.16(1), 77–83.
Anggraeni, R. D. (2018). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal (Survey Peminat Kosmetik LT Pro yang Dipengaruhi oleh Video VlogIni Vindy di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 60(1), 155–162.
Eliza, R., & Sinaga, M. (2018). Pengaruh Youtube Beauty VloggerTerhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Pengguna Kosmetik Maybelline di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis. 63(1), 187–196.
Febriani, M., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Online Consumer Review oleh Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2014/2015 dan 2015/2016 Yang Membeli dan Menggunakan Purbasari Matte Lipstick). Jurnal Administrasi Bisnis. 5(1),1–9.
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategi Brand Management (Building Measuring and Managing Brand Equity Third Edition).Published by pearson.
Kotler, P. & Keller, K, L. (2016). Marketing Management Global Edition, 15thedition. Published by pearson education, Inc.
Malholtra, Naresh, K. (2017). Riset Pemasaran,Pendekatan Terapan. Jakarta: Indeks Edisi 4 (1).
Malina, H. (2015). Pengaruh Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah dengan Celebritas Endorser Sebagai Variabel Moderasi. 15(2), 196–202.
Rabiah, A. S., Parashakti, R. D., Mahfud, I., & Adha, S. (2019). Online Consumer Review and Beauty Vlogger Influencer On Cosmetics Purchase Intention Of Indonesian Female Consumers. 1(1), 34–47.
Rahmi, Y., Sekarasih, L., & Sjabadhyni, B. (2017). The Influence of Beauty Vlog on Perceived Source Credibility and Purchase Intention The Influence of Beauty Vlog on Perceived Source Credibility and Purchase Intention. 21(7), 13–23.
Riduan &Akdon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, N. I. M., & Dewi, A. S. (2018). Pengaruh Presepsi Kualitas , Citra Merek dan Country of Origin pada Keinginan untuk Membeli Produk Kecantikan Asal Korea Selatan yang Dimoderasi olehInformasi dari Beauty Vlogger. 1(11), 58–70.
Tjiptono, F. (2015). Brand Mangement & Strategy. Yogyakarta: Andi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1949