PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI TOKO APOLLO PLAZA MARINA SURABAYA

  • Ella Merina Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: keputusan pembelian, citra merek, harga

Abstract

Penelitian yang dibuat oleh penulis ini guna memahami lebih dalam seberapa besar variabel citra merek dan variabel harga mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Apollo Plaza Marina Surabaya. Peneliti menggunakan model penelitian kuantitatif. Peneliti mengambil data yang digunakan sebagai responden dengan menyebar angket dengan hasil responden ±58. Analisis data menggunakan model pengujian normalitas, multikolinieritas,
heterokedastisitas, linieritas, uji F, dan uji (R Square). Hasil pada penelitian ini adalah : (1) Variabel citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada toko Apollo Plaza Marina Surabaya, dengan nilai -0.59. (2) Variabel harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai 0,047 terhadap variabel keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Apollo Plaza Marina Surabaya. (3) Sedangkan hasil uji- F secara bersamaan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel citra merek dan variabel harga terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan nilai 0,02 di bawah 0,05.

References

Kotler,Philip . (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset. ISBN 979-533-624-7

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta:Erlangga. ISBN/ISBN 978-0-13-600998-6

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Penerbit: Erlangga. ISBN/ISSN 978-979-033132-7

Suharno, Yudi S. (2010). Marketing in practice. Yogyakarta: Graha Ilmu. ISBN 978-979-756-5657

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta. ISBN 979-843-337.

Rutoto, S. (2007). Pengantar Metedologi Penelitian. FKIP: Universitas Muria Kudus

Riduwan. (2002). Skala Pengykuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. ISBN/ISSN 979-8433-72-3

Devi dan Audita. (2018). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek Eiger (Studi dilakukan pada mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta).http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/jpeb/article/view/2298/1458. ISSN 2460-4291

Evelina, dkk. (2012). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkom flexi.https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/1636/1629

Hossain, E. (2007). An Evaluation of Brand Image, Product Attributes, and Perceived Quality of a Selected Consumer Non Durable Product. Administration Management Review, Volume 19 No 2. Daftar Rujukan Skripsi yang tidak diterbitkan

Andikarini, D. (2007). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga pada Keputusan Pembelian untuk Lipstik Wardah berdasarkan Karakteristik Demografis di Yogyakarta.Yogyakarta: SkripsiUSD
Published
2021-05-23
How to Cite
Merina, E., & Sudarwanto, T. (2021). PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI TOKO APOLLO PLAZA MARINA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1342-1348. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n3.p1342-1348
Section
Article
Abstract Views: 300
PDF Downloads: 592