PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KEDAI COFFEE CULTURE JOMBANG
Abstract
Adanya penelitian yang dilakukan memiliki tujuan guna mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian pada kedai coffee culture. Jenis penelitian yang dipilih merupakan deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, jumlah sampel 95 orang menggunakan teknik sampling dengan sampling jenuh yaitu dengan menggunakan semua respoden dijadikan sebagai sampel dimana responden yang datang dan melakukan pembelian di kedai coffee culture jombang dan responden berusia 18-40 tahun. Populasi yang diambil merupakan hasil pengamatan yang dilakukan di Kedai Coffeee Culture Jombang selama satu minggu, digunakan angket dan metode wawancara untuk pengumpulan data. Teknik dalam menganalisis data yaitu independent sample t test dan koefisien determinasi dengan aplikasi SPSS 25.0 guna analisis regresi linier berganda. Berdasarkan angket memperoleh dari sampling secara parsial penelitian ini menunjukkan hasil dimana kualitas layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0.345, dan keragaman produk memiliki peran secara signifikan kepada keputusan pembelian senilai 0.472. Secara simultan variabel kualitas layanan dan keragaman produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0.237.
Kata kunci : Kualitas layanan; Keragaman produk; Keputusan pembelian
References
Anggraeni, J., Paramita, P. D., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Di Butik Cassanova Semarang. Journal Of Management, 2(2), 12.
Arifin, M. Z., & Azhari, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Alfamart Kota Palangka Raya. Jurnal Al-Qardh, 2(2), 116–123. Https://Doi.Org/10.23971/Jaq.V2i2.832
Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(April), 1–10.
Chandra, T. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen Issn : 2461-0593, 5(3), 1–19.
Cronin, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination And Extension. Journal Of Marketing, 56(3), 55. Https://Doi.Org/10.2307/1252296
Izzati, M. C. (2013). Pembelian Konsumen Di Baseball Food Court Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 1–16.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke. 13.Erlangga.
Mulya Firdausy, C., & Idawati, R. (2017). Effects Of Service Quality, Price And Promotion On Customers’ Purchase Decision Of TravelokaOnline Airline Tickets In Jakarta, Indonesia. International Journal Of Management Science And Business Administration, 3(2), 42–49. Https://Doi.Org/10.18775/Ijmsba.1849-5664-5419.2014.32.1004
Nainggolan, L., & Pradhanawati, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Stove Syndicate Cafe Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 531–541.
Pelamonia, M. (2020). Pengaruh Knowledge Management Dan Inovasi Berbasis LayananTerhadap Keberhasilan Bisnis Umkm Kreatif Di Kota Ambon. 1(2), 161–177.
Prastika, R. D., & Sugiono. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Leopard Cafe Way Jepara Lampung Timur. Jurnal Dinamika, 3(1), 36–47.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Tobing, F. M., & Sihombing, D. (2016). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Carrefour Citra Garden Medan). Jurnal Plans : Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 149–156. Https://Doi.Org/10.24114/Plans.V11i2.9610
Utama, M. B. (2015). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayananterhadap Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Gelael Mall Ciputra Semarang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(024).
Wu, Y., Chen, H., & Wang, H. (2019). The Influence Of Product Diversity On Consumers’ Impulsive Purchase In Online Shopping Environment. American Journal Of Industrial And Business Management, 09(03), 680–698. Https://Doi.Org/10.4236/Ajibm.2019.93046
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 492