PENGARUH SALES PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP MELALUI APLIKASI TIX ID (Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh sales promotion dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian tiket bioskop melalui aplikasi TIX ID. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 210 sampel. Populasi dalam penelitian adalah pengguna aplikasi TIX ID di Surabaya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Sedangkan, koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 45% dari kedua variabel tersebut sedangkan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: sales promotion, electronic word of mouth, keputusan pembelian, aplikasi TIX ID
References
Anggaraini, C. & Melinda, T. 2018. The Effect Of Word Of Mouth And Sales Promotion On Purchasing Decision For Dreamland Decoration. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship. 7. 1. Online. (https://journal.uc.ac.id/index.php/JEE/article/view/632/553). ISSN 2580-9393
Daramola, dkk. 2014. Sales Promotion on Consumer Purchasing Behaviour. International Journal of Business and Marketing Management. 2 1.Online.(https://pdfs.semanticscholar.org/75cd/66176f0e6a3bddbcadbe3fce800fc7453329.pdf) . ISSN: 2350-1529
Hamidun, M. A., & Sanawiri, B. 2018. Pengaruh Electronic Word Of Mouth TerhadapPurchase Intention Melalui Brand Image (Studi Pada Followers Akun Instagram @Ouvalresearch). Jurnal Administrasi Bisnis. 61. 2. Online. (http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2573)
Hanifati, U. M. & Samiono, B. E. 2018. Analisis Pengaruh Website Quality Dan Ewom Terhadap Purchase Decision Melalui Online Trust Pada Situs Tiket Travel Dan Reservasi Hotel Online Di Indonesia (Studi Kasus Pada traveloka.com, tiket.com, dan pegipegi.com). Jurnal TRANSformasi. 2. 1. Online. (https://www.researchgate.net/publication/327465673). ISSN 1907-3429
Khairunissa, K., dkk. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa Binus University Yang Menggunakan Jasa Go-Jek Di Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis. 46. 2. Online. (http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1807)
Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketing Management (Fifteenth Edition). Boston: Pearson Education,Inc. ISBN 13: 978-1-292-092 -71 3
Malhotra, N.K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat). Jakarta: Indeks. ISBN: 979-062-084-X
Mutmainah, S. 2019. Analisis pengaruh kepercayaan, persepsi resiko, electronic word of mouth, dan online customer review (OCR),terhadap keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada konsumen shopee di Kudus). Skripsi tidak diterbitkan. (https://eprints.umk.ac.id/10738/)
Neha, S., & Manoj, V. 2013. Impact of Sales Promotion Tools onConsumer's Purchase Decision towards White Good (Refrigerator) at Durg and Bhilai Region of CG India. Research Journal of Management Sciences. 2. 7. Online. (http://www.isca.in/IJMS/Archive/v2/i7/2.ISCA-RJMS-2013-057.pdf). ISSN 2319–1171
Putri, D. 2018. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Bigsize (Studi Kasus Pada Online Shop BIGISSIMO.ID). e-Proceeding of Management. 6. 3. Online. (https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/154859/jurnal_eproc). ISSN : 2355-9357
Putri, L. 2015. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Purchase Intention (Studi Kasus Pada Go-Jek Indonesia). E-Proceeding of Management, 2.3. Online. (https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/104326) . ISSN : 2355-9357.
Rahmadhani, R. & Prihatin, A. E. 2018. Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceived RiskTerhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Diponegoro Journal Of Social And Politic.8.1.Online.(https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/22748). ISSN: 2548-4923
Reza, F. 2016. Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.CO.ID. Jurnal Kajian Komunikasi. 4.1. Online.(http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/6179) . ISSN: 2447-5606
Sari, V. E. 2019. Pengaruh E-Wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.Com di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat dan Kereta Api). eJournal Administrasi Bisnis. 7. 4. Online.(http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/article/view/2863). ISSN 2355-5408
Selly. 2019. Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Belanja Online Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester VI Program Studi Sarjana Manajemen Stie Sultan Agung). Jurnal Manajemen dan Keuangan. 7. 1. Online. (https://sultanist.ac.id/index.php/sultanist/article/view/136) ISSN : 2338-4328
Sindunata, I. & Wahyudi, B. A. 2018. Pengaruh E-Wom (Electronic-Word-Of-Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Di Agoda.Com. 6. 1. Online. (http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/6409). Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia. ISBN: 9789794506493
Suparyanto, R. W. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media. ISBN: 978-602-0946-45-0
Suresh, A, & Sritharan. (2015). Effect of Sales Promotion Tools on Costumer Purchase Decision with Special Reference to Specialty Product (Camera) at Chennal, Tamilnadu. Asia Pacific Journal of Research.1.21.Online.(https://apjor.com/downloads/2302201521.pdf) . ISSN: 2347-4793
Survei APJII: Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Capai 64,8%. 2018. Diakses pada 24 September 2019, dari katadata.co.id
TIX ID Jual 2,5 Juta Tiket Avengers Endgame Secara Online. Diakses pada 02 Oktober 2019, dari m.bisnis.com
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi. Edisi 3. ISBN: 978-979-29-6720-3
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 2023