PENGARUH ATRIBUT DINING EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KEBUN COKLAT CAFE & RESTO BALONGBENDO
Abstract
Tujuan analisis ini untuk mengetahui pengaruh atribut dining experience terhadap kepuasan pelanggan Kebun Coklat pada Cafe & Resto Balongbendo. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 147 responden. Metode yang digunakan yakni purposive sampling. Karakteristik pada penelitian ini adalah pelanggan yang sudah melakukan pembelian minimal 2 kali dan usia 15-55 tahun. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Path Analysis dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas makanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,256. Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,237. Lingkungan fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,246. Sedangkan secara simultan atribut dining experience yang terdiri dari kualitas makanan, kualitas pelayanan, dan lingkungan fisik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,05.
Kata Kunci: Kualitas makanan, Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik, Kepuasan Pelanggan
References
Carolina, Anita. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Makanan pada epuasan Konsumen K-Sushi. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2),1-7. Online https://media.neliti.com/media/publications/287136-pengaruh-kualitas-layanan-kualitas-makan-6e149abd.pdf
Firmansyah, Fikri. 2019. Data BPS Jatim, Perekonomian Jawa Timur pada Triwulan II Tahun 2019 Tumbuh Sebesar 5,72 Persen.https://www.google.com/amp/s/jatim.tribunnews.com/amp/2019/08/05/data-bps-jatim-perekonomian-jawa-timur-pada-triwulan-ii-tahun-2019-tumbuh-sebesar-572-persen(diakses pada 20 Oktober 2019)
Febianto, A. 2018. Pengarih Dining Experience Attributes terhadap Customer Satisfaction dan Behavioral Intentionpada Restoran Cattura Espresso Surabaya.Jurnal Layanan dan Pariwisata, 7(1), 1498-1515. Online.https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1273
Githiri, M., U. 2017. Influence of Phisical Environment Customer Satisfaction and Return Intention in Kenyan Rated Restaurants. Asian Journal of Social Science Studies, 2(1), 11-19. Online.http://journal.julypress.com/index.php/ajsss/article/view/82
Hanaysha, Jalal. 2016. Testing The Effects of Food Quality, Price Fairness and Physical Environment on Customer Satisfaction in Fast Food Restaurant Industry. Journal of Asia Strategy, 6(2), 31-40.
Hartanto, A. & Fransisca, F. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Jurnal Manajemen Bisnis,7(1), 1-6. Online.http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8128
Hair, Joseph E, Jr. et al. 2010. Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson Education Limited.
Harlow. England Hollensen, Svend. 2010. Marketing Management: Relationship Approach.USA: Pearson Education Inc
Kusumasasti,Ika. 2017. Pengaruh Kualitas Poduk dan Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffe Shop. Jurnal Manajemen, 22(2), 123-129.Online.http://journal2.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/2364
Kotler, Philip dan Keller. 2016. MarketingManagement. 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Reynolds & Hwang. 2006. Influence of Age on Customer Dining Experience Factors at U.S. Japanese Restaurant.An International Multidisciplinary Journal of Tourism,1(2), .29-43.Online.https://mpra.ub.unimuenchen.de/25394/1/MPRA_paper_25394.pdf
Ryu, K., & Han, H. 2010. Influence of Food, Service, and Physical Environment on Customer Satisfaction and Behavioral ntention in Quick-Casual Restaurants: Moderating of Percieved Price.Journal of HospitalityTourism Research, 34(3), 310-329.
Sahanggamu, dkk. 2015. Analisis kualitas layanan, servicescape dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sinarmas Bitung. Jurnal ekonomi dan bisnis, 2(1), 1084-1095. ISSN 2303-1174. Online. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/786
Salsabilah, T. & Sunarti. 2018. Pengaruh Food Quality, Dining Atmosphere dan Kesesuaian Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Ria Djenaka Shining Batu.Jurnal Administrasi Bisnis. 54(1),140-148. Online. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2226
Suhartanto, AY., & Hidayat, A. 2018. Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, dan Word of Mouth(Studi pada Hotel Manohara Center of Borobudur Study). Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Online. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/9871
Sulis, et al.2020. Pengaruh Service Quality, Food Qualitiy, Price dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Cafe Eatbox Kitchen Wonosobo). Jurnal of Economi,1(2), 335-342.Online. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/1229/711
Sumiati, et al. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 7(2), 29-40.Online.https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/view/5721
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.Widiarti, Peni. 2019. Usaha Kuliner Jatim Tumbuh 20% Tahun Lalu, Tapi Ada Pergeseran Tren.https://m.bisnis.com/surabaya/read/20190218/532/890366/usaha-kuliner-jatim-tumbuh-20-tahun-lalu-tapi-ada-pergeseran-tren(diakses pada 8 November 2019)
Wijaya, W. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan terhadap Kepuasan di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya.Tesis. Surabaya: Universiras Kristen Petra. Online. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/6198
Yafie, A. S., Suharyono,& Abdillah, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffe Studio Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(2), 11-19. Online. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1363
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 319