PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EIGER (Studi di Outlet Eiger Manyar Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1076-1082Keywords:
Citra merek, kualitas, keputusan pembelian.Abstract
Kegiatan di luar ruangan menjadi trend di masyarakat sehingga banyak produsen yang menyediakan perlengkapan dan peralatan pendukung kegiatan tersebut. Banyaknya pilihan yang tersedia menentukan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk melihat persaingan produsen perlengkapan dan peralatan kegiatan di luar ruangan. Penelitian ini termasuk riset konklusif menggunakan variabel yaitu citra merek dan kualitas produk merupakan variabel bebasnya serta keputusan pembelian di Outlet Eiger Manyar Surabaya sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang memakai skala likert. Dari populasi sebesar 1557 pengunjung Outlet Eiger Manyar Surabaya selama Oktober sampai Desember 2019, sampel yang digunakan 94 responden. Analisis untuk penelitian ini ialah regresi linier berganda kemudian diolah menggunakan program SPSS 26. Analisis data menghasilkan simpulan bahwa citra merek dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian di Outlet Eiger Manyar Surabaya. Secara parsial variabel citra merek mempengaruhi keputusan pembelian. Sementara variabel kualitas produk tidak berpengaruh pada keputusan pembelian.
Kata kunci : Citra merek, kualitas, keputusan pembelian.
Downloads
References
Azizah, Luluk Nur. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu NIKE pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan.Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Vol.IINo.2Juni2016. ISSN :2502-3780. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpim/article/view/48/48.
Broto, Virginia dan Wenas, Rudy S.Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Agya Pada PT. Hasjrat Abadi CabangBitung. Jurnal EMBA. Vol. 4. No. 2.ISSN 2303-1174. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/12544/12116.
Diah, Ni L G Nirmala Dewi. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol. 2 No.2 Tahun 2013.https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/4359/3511.
Firmansyah, Dr. M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.Karlina, Ni Putu Novia dan Seminari, Ni Ketut.Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Karya PakOles Tokcer Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4. No. 6.Tahun 2015. ISSN: 2302-8912. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/12229/9561.
Kiswalini, Annis. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. Vol. 3. No. 6. Tahun 2014.hal: 1522-1534.https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/8969/6815.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Bahasa Indonesia. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1: Erlangga.
Maulana, Rakhmad dan Hidayat, Imam. 2017. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Xiaomi Smartphone. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Vol. 6. No. 12.Tahun 2017. ISSN: 2461-0593.
Mokoagouw, Milli Lingkan. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Samsung Mobile IT Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16. No. 01.Tahun 2016. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10913/10503.
Pandensolang, Josiel Driand dan Tawas, Hendra N. 2015. Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk, dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola pada PT. Bangun Weang Beverges Company di Manado. Jurnl EMBA ISSN 2303-11 Vol. 3.No. 3. Tahun 2015.Hal. 1113-1124. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/10117/9703.
Peter, J Paul dan Olson, Jerry C. 2013. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.Ratnasari, Maria Dewi, dkk. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry (Study Kasus pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal of Social and Politic. Vol. 3. No. 2. Tahun 2014. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/5181/4988.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi.
https://eigeradventure.com/About; diakses pada tanggal 25 Maret 2020.
https://www.idntimes.com/travel/tips/francisca-christy/7-perlengkapan-outdoor-terfavorit-1/7; diakses pada tanggal 18 November 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.