PENGARUH SUASANA TOKO DAN VARIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN DI FZ SHOPEE ROYAL PLAZA SURABAYA
Abstract
Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel suasana toko dan varian produk secara parsial dan secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen pada FZ Shoope yang berlokasi di Royal Plaza Surabaya. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian bentuk deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian yang dilakukan ini adalah konsumen dengan jenis kelamin wanita berusia 20 – 40 tahun yang sudah melakukan pembelian. Sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan didapatkan 73 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara kepada responden. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan alat SPSS versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suasana toko dan varian produk memberikan pengaruh positif secara parsial maupun simultan terhadap variabel keputusan pembelian. Simpulan dari penelitian ini adalah suasana toko dan varian produk scara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian di FZ Shoope Surabaya. Diharapkan semoga penelitian ini dapat meningkatkan suasana toko dan varian produk yang lebih baik untuk masa mendatang.
Kata kunci: suasana toko, varian produk, keputusan pembelian.
References
Fahimah, F.A., & Hidayat, K. 2015. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung di Madam Wang Secret Garden Café Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28 (2).
Gadekar, M. 2015. Does Pleasure Influence Product Variant Choice Decisions Amongst Youth, Journal of Management Sciences and Technology, 3 (1).Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals of Modrn Manufacturing: Matreials, Process, and systems 4thEdition. London:
John Wiley Sons, Inc.Kotler,P., & Keller, K.L. 2007. Mananjemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nuralam, Inggang Perwangsa. 2018. Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan Pembelian. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 60 No. 1 Juli 2018. Online. (http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/download/2480/2871).
Prasetyo, R.A. 2015. Pengaruh Store Atmosphere,Keragaman Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Batik Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Sudajana, A. 2005. Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.Swastha, Bdan Hani T. Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Edisi 1. Yogyakarta: Bayumedia Publishing
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Utami, C. W. 2006. Strategidan Implementasi Ritel Modern, Jakarta: Salemba Empat.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 580