PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PERTANDINGAN SEPAK BOLA PERSEBAYA PADA LOKET.COM

  • Yafi Faishal Riskyady Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: media sosial, harga, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian berikut bertujuan guna menganalisis pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pertandingan sepak bola Persebaya pada Loket.com. Metode yang dipakai ialah deskriptif kuantitatif melalui penggunaan Teknik purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 200 responden yang merupakan pengguna Loket.com. Uji analisis yang dipakai ialah analisis linier berganda yang meliputi analisis regresi berganda, uji T serta uji F, dan koefisien determinasi. Sumber data memakai data primer berupa angket yang disebarkan secara online dengan skala pengukuran Likert. Alat analisis yang dipakai ialah SPSS 25. Penelitian ini menghasilkan media sosial memiliki pengaruh signifikan serta positif terhadap keputusan pembelian dengan P-value sebesar 0.036 < 0,05, harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-value sebesar 0.02 < 0,05, media sosial dan harga secara simultan mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian dengan persentase sebesar 2,85%, sedangkan 97,15% lainnya dijelaskan oleh variabel lainnya di luar penelitian.
Kata Kunci : Media Sosial, Harga, Keputusan Pembelian.

References

Ali, H., & Akbar, B. A. (2018). Influence Social Media Instagram, Price & Product Quality to Purchase Intention Saudi Journal of Humanities and Social Sciences (SJHSS), Vol-3, Iss-8: 923-933. ISSN 2415-6248. Online. https://www.semanticscholar.org/paper/Influence-Social-Media-Instagram%2C-Price-%26-Product-Ali-Akbar

Antari, K., Dunia, K., & Luh, I. (2014). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Mini Market Sastra Mas Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol: 4 No:1. Onlinehttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/2243.

Khoiro, F., Rachma, & Hufron, M. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi ManajemenFakultas Ekonomi Unisma, 140-153. Online. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4293.

Kotler, P., & Keler, K. L. (2012). Philip KotlManajemen Pemasaran ed.13 . Jilid 2 .Jakarta: Erlangga.

Loket. (2018). Loket. Dipetik November 12, 2019, dari www.loket.com

Lubis, A. T., Irawati, N., & Sembiring, B. (2020). The Impach of Life Style and Social Media on Purchasing Decision in B-one Cafe Medan. International Journal of Research and Review, 32-40. ISSN: 2349-9788. Online.http://www.academia.edu/download/63116262/IJRR00620200427-112440-2p1kks.pdf.

Lucky, N. (2013). Fenomena Perilaku Fanatisme Suporter Sepak Bola (Studi Kasus Komunitas Suporter Persebaya Bonek Di Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, No 1 Vol :180-195. Online.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/1474.

Malholtra, N. K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat).Jakara: Indeks.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA, 95-104. ISSN 2303-1174. Online.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2577.

Mileva, L., & Fauzi, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 58 No. 1: 190-199. Online.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2421.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In 1 (9th ed.).Jakarta: Salemba Empat.

Pramana, E. (2018). Jawa Pos. Dipetik November 12, 2019, dari https://www.jawapos.com/sepak-bola/sepak-bola-indonesia/10/12/2018/persebaya-untung-puluhan-miliar-rupiah-dari-tiket-pertandingan/

Saputra, F. A. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi di Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 1-12. Online.http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5480/.

Suhaily, L., Darmoyo, S., & Boentoro, S. (2019). Why Social Media, Price Perception and Trust to Customer Satisfaction. Sumerianz Journal of Social Science, 138-147. ISSN 2616-8693. Online. https://www.sumerianz.com/pdf-files/sjss2(8)138-147.pdf.

Yazia, V.(2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry. Journal of Economic Education Vol. 2 No. 2, 165-173. ISSN 2302 -1590. Online. https://core.ac.uk/download/pdf/229189400.pdf
Published
2021-06-22
How to Cite
Riskyady, Y., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PERTANDINGAN SEPAK BOLA PERSEBAYA PADA LOKET.COM. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181-1187. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1181-1187
Section
Article
Abstract Views: 1212
PDF Downloads: 1881