PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PERTANDINGAN SEPAK BOLA PERSEBAYA PADA LOKET.COM
Abstract
Penelitian berikut bertujuan guna menganalisis pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pertandingan sepak bola Persebaya pada Loket.com. Metode yang dipakai ialah deskriptif kuantitatif melalui penggunaan Teknik purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 200 responden yang merupakan pengguna Loket.com. Uji analisis yang dipakai ialah analisis linier berganda yang meliputi analisis regresi berganda, uji T serta uji F, dan koefisien determinasi. Sumber data memakai data primer berupa angket yang disebarkan secara online dengan skala pengukuran Likert. Alat analisis yang dipakai ialah SPSS 25. Penelitian ini menghasilkan media sosial memiliki pengaruh signifikan serta positif terhadap keputusan pembelian dengan P-value sebesar 0.036 < 0,05, harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan P-value sebesar 0.02 < 0,05, media sosial dan harga secara simultan mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian dengan persentase sebesar 2,85%, sedangkan 97,15% lainnya dijelaskan oleh variabel lainnya di luar penelitian.
Kata Kunci : Media Sosial, Harga, Keputusan Pembelian.
References
Antari, K., Dunia, K., & Luh, I. (2014). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Mini Market Sastra Mas Tabanan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol: 4 No:1. Onlinehttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/2243.
Khoiro, F., Rachma, & Hufron, M. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi ManajemenFakultas Ekonomi Unisma, 140-153. Online. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4293.
Kotler, P., & Keler, K. L. (2012). Philip KotlManajemen Pemasaran ed.13 . Jilid 2 .Jakarta: Erlangga.
Loket. (2018). Loket. Dipetik November 12, 2019, dari www.loket.com
Lubis, A. T., Irawati, N., & Sembiring, B. (2020). The Impach of Life Style and Social Media on Purchasing Decision in B-one Cafe Medan. International Journal of Research and Review, 32-40. ISSN: 2349-9788. Online.http://www.academia.edu/download/63116262/IJRR00620200427-112440-2p1kks.pdf.
Lucky, N. (2013). Fenomena Perilaku Fanatisme Suporter Sepak Bola (Studi Kasus Komunitas Suporter Persebaya Bonek Di Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, No 1 Vol :180-195. Online.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/1474.
Malholtra, N. K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat).Jakara: Indeks.
Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA, 95-104. ISSN 2303-1174. Online.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2577.
Mileva, L., & Fauzi, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 58 No. 1: 190-199. Online.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2421.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In 1 (9th ed.).Jakarta: Salemba Empat.
Pramana, E. (2018). Jawa Pos. Dipetik November 12, 2019, dari https://www.jawapos.com/sepak-bola/sepak-bola-indonesia/10/12/2018/persebaya-untung-puluhan-miliar-rupiah-dari-tiket-pertandingan/
Saputra, F. A. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi di Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 1-12. Online.http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/5480/.
Suhaily, L., Darmoyo, S., & Boentoro, S. (2019). Why Social Media, Price Perception and Trust to Customer Satisfaction. Sumerianz Journal of Social Science, 138-147. ISSN 2616-8693. Online. https://www.sumerianz.com/pdf-files/sjss2(8)138-147.pdf.
Yazia, V.(2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry. Journal of Economic Education Vol. 2 No. 2, 165-173. ISSN 2302 -1590. Online. https://core.ac.uk/download/pdf/229189400.pdf
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1881