PENGARUH MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE, PENGGUNAAN SMARTPHONE, DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh mata pelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII BDP di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian meggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, dimana sampel dalam penelitian sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner online menggunakan googleform yang disebarkan kepada murid kelas XII BDP SMK Negeri 1 Surabaya. Variabel mata pelajaran bisnis online (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Variabel penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif terhadap minat siswa (Y) dan pemanfaatan media sosial (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Secara simultan, mata pelajaran bisnis online (X1), pemanfaatan media sosial (X3), berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y) sedangkan penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif.
Kata kunci: pembelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, media sosial, minat siswa
References
Barakati, P.D. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone dalam pemeblajaran BahasaInggris Jurnal. Universitas Sam Ratulangi
Daryanto (2018) Pengantar Ilmu Kewirausahaan. Cetakan pertama. Tsmart Printing
Dewi, D. P. (2017). Hubungan Karakteristik Smartphone Pada Perubahan Budaya Komunikasi Remaja Di RT 12 Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda. Available :http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-
Gusti, Leni Afriani. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Guru Dalam Mengajar, Jiwa Kewirausahaan Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Ghozali, imam. (2016). aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit
Jagongo, Amborse, PhD. MKIM dan Kinyua, Catherine . (2013). The Social Media an Entrepreneurship Growth. International Journal of Humanities and Science. Vol 3 No. 10http://business.ku.ac.ke/images/stories/research/social_media.pdf-
Nasrullah, Rulli (2018). Media Sosial (Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Cetakan ke-5. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Napitupulu, D. & Sutabri, T. (2019) Sistem Informasi Dan Bisnis. Yogyakarta. ANDI
Risky, Putri Damayanti. (2017). Pengaruh Media dan Motivasi Berwirausaha pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X Kompetensi Keahlihan Administras Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yagyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Cetakan ke-22. Bandung. Alfabeta
Sugiyono (2015). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-26. Alfabeta, cv.
Sharen Gifary dan iis Kurnia N. (2015) intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Komunikasi http://ejournal.itb.ac.id
Shofiana, Fadhilah. (2016) Pembelajaran Pemasaran Online, Self Efficacy dan Minat Berwirausaha Online Kelas XI Pemasaran SMK Negeri Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret
W. Lawrance Neuman. (2015). Social Research Methods: Qualitative andQuantitativeApproaches, ter. Edina T. Sofia, (Jakarta: PT Indeks), hlm. 234 96 Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, h.130
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 670