PENGARUH MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE, PENGGUNAAN SMARTPHONE, DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • Moch Happy Shahrul Chabib Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh mata pelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII BDP di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian meggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, dimana sampel dalam penelitian sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner online menggunakan googleform yang disebarkan kepada murid kelas XII BDP SMK Negeri 1 Surabaya. Variabel mata pelajaran bisnis online (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Variabel penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif terhadap minat siswa (Y) dan pemanfaatan media sosial (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Secara simultan, mata pelajaran bisnis online (X1), pemanfaatan media sosial (X3), berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y) sedangkan penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif.
Kata kunci: pembelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, media sosial, minat siswa

Published
2021-08-22
How to Cite
Chabib, M., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE, PENGGUNAAN SMARTPHONE, DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1209-1215. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40548
Section
Article