PENGARUH MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE, PENGGUNAAN SMARTPHONE, DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • Moch Happy Shahrul Chabib Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, media sosial, minat siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh mata pelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII BDP di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian meggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, dimana sampel dalam penelitian sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner online menggunakan googleform yang disebarkan kepada murid kelas XII BDP SMK Negeri 1 Surabaya. Variabel mata pelajaran bisnis online (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Variabel penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif terhadap minat siswa (Y) dan pemanfaatan media sosial (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y). Secara simultan, mata pelajaran bisnis online (X1), pemanfaatan media sosial (X3), berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat siswa (Y) sedangkan penggunaan smartphone (X2) berpengaruh negatif.
Kata kunci: pembelajaran bisnis online, penggunaan smartphone, media sosial, minat siswa

References

Adha, Rahmanul Ismail. (2014). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan

Barakati, P.D. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone dalam pemeblajaran BahasaInggris Jurnal. Universitas Sam Ratulangi

Daryanto (2018) Pengantar Ilmu Kewirausahaan. Cetakan pertama. Tsmart Printing

Dewi, D. P. (2017). Hubungan Karakteristik Smartphone Pada Perubahan Budaya Komunikasi Remaja Di RT 12 Kelurahan Sempaja Selatan Samarinda. Available :http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-

Gusti, Leni Afriani. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Guru Dalam Mengajar, Jiwa Kewirausahaan Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Ghozali, imam. (2016). aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit

Jagongo, Amborse, PhD. MKIM dan Kinyua, Catherine . (2013). The Social Media an Entrepreneurship Growth. International Journal of Humanities and Science. Vol 3 No. 10http://business.ku.ac.ke/images/stories/research/social_media.pdf-

Nasrullah, Rulli (2018). Media Sosial (Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Cetakan ke-5. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Napitupulu, D. & Sutabri, T. (2019) Sistem Informasi Dan Bisnis. Yogyakarta. ANDI

Risky, Putri Damayanti. (2017). Pengaruh Media dan Motivasi Berwirausaha pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas X Kompetensi Keahlihan Administras Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yagyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Cetakan ke-22. Bandung. Alfabeta

Sugiyono (2015). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-26. Alfabeta, cv.

Sharen Gifary dan iis Kurnia N. (2015) intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Komunikasi http://ejournal.itb.ac.id

Shofiana, Fadhilah. (2016) Pembelajaran Pemasaran Online, Self Efficacy dan Minat Berwirausaha Online Kelas XI Pemasaran SMK Negeri Surakarta. Jurnal Universitas Sebelas Maret

W. Lawrance Neuman. (2015). Social Research Methods: Qualitative andQuantitativeApproaches, ter. Edina T. Sofia, (Jakarta: PT Indeks), hlm. 234 96 Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, h.130
Published
2021-08-22
How to Cite
Chabib, M., & Sulistyowati, R. (2021). PENGARUH MATA PELAJARAN BISNIS ONLINE, PENGGUNAAN SMARTPHONE, DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII BDP DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1209-1215. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1209-1215
Section
Article
Abstract Views: 265
PDF Downloads: 670