PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK AIR MINUM CHEERS (STUDI PT. ATLANTIC BIRURAYA)

  • Ravica Ayu Masito Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui pengaruh digital marketing dan Customer relationship marketing terhadap loyalitas konsumen. Penelitian berikut merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 55 responden. Teknik Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner yang diberi pada pelanggan dari PT. Atlantic Biruraya. Metode analisis yang dipakai ialah analisis regresi linier, korelasi, koefisien determinasi, uji t, serta uji F. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya secara simultan variabel independen yaitu digital marketing dan mempengaruhi loyalitas konsumen. Secara parsial, hasil penelitian membuktikan bahwasanya pemasaran digital mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Pemasaran hubungan pelanggan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Diketahui nilai uji ANOVA atau Ftest, dengan Fount 12,522 dan memiliki tingkat signifikan 0,000, disimpulkan bahwa digital marketing (X1), customer relationship marketing (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) pada PT. Atlantic Biruraya.
Kata kunci: digital marketing, customer relationship marketing dan loyalitas pelanggan.

Published
2021-06-22
How to Cite
Masito, R., & Saino, S. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK AIR MINUM CHEERS (STUDI PT. ATLANTIC BIRURAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1216-1222. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40549
Section
Article