PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK AIR MINUM CHEERS (STUDI PT. ATLANTIC BIRURAYA)

  • Ravica Ayu Masito Universitas Negeri Surabaya
  • Saino Saino Universitas Negeri Surabaya
Keywords: digital marketing, customer relationship marketing dan loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui pengaruh digital marketing dan Customer relationship marketing terhadap loyalitas konsumen. Penelitian berikut merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 55 responden. Teknik Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu kuesioner yang diberi pada pelanggan dari PT. Atlantic Biruraya. Metode analisis yang dipakai ialah analisis regresi linier, korelasi, koefisien determinasi, uji t, serta uji F. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya secara simultan variabel independen yaitu digital marketing dan mempengaruhi loyalitas konsumen. Secara parsial, hasil penelitian membuktikan bahwasanya pemasaran digital mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Pemasaran hubungan pelanggan mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Diketahui nilai uji ANOVA atau Ftest, dengan Fount 12,522 dan memiliki tingkat signifikan 0,000, disimpulkan bahwa digital marketing (X1), customer relationship marketing (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) pada PT. Atlantic Biruraya.
Kata kunci: digital marketing, customer relationship marketing dan loyalitas pelanggan.

References

Chaffey, Dave. (2009). E-BUSINESS AND E-COMMERCE MANAGEMENT (4th Edition ed.). England: Pearson Education.

Hermawan, Alwin Fauzi. (2018). Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Di Kota Malang).

Isnadi,Didik. (2015). Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Nilai Nasabah dan Keunggulan Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Pada PT Bank BRI Kantor Cabang Pekalongan). Disertasi tidak diterbitkan. Semarang:Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Mollah, Anhar Sharif MD. (2014). The Impact of Relationship Marketing On Customer Loyalty Tesco Plc, UK. Comilla: European Journal of Business Management.

Budiman ,Novayanti. (2016). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia.

Pasaribu,Verawati. (2017). Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Pada Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Pekanbaru.

Prabowo,Budi. (2015). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada PT. Astra Surabaya, (Online).

Purnomo, Satrio Mulyo. (2016). Pengaruh Twitter Account @inibaruhidup sebagai social media terhadap loyalitas merek Nescafe Indonesia.

Sirait,Dodi Putra. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Published
2021-06-22
How to Cite
Masito, R., & Saino, S. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK AIR MINUM CHEERS (STUDI PT. ATLANTIC BIRURAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1216-1222. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1216-1222
Section
Article
Abstract Views: 1281
PDF Downloads: 2113