PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1237-1243Keywords:
promosi penjualan, brand ambassador, kepercayaan, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan variabel kepercayaan sebagai mediator (studi pada produk fashion online di Surabaya). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan kausal. Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah 210 responden pengguna marketplace online di Surabaya. Sumber data menggunakan data primer berupa angket online dengan skala pengukuran likert. Alat analisis yang digunakan adalah alat bantu SPSS 25.0 dengan pendekatan analisis jalur. Didapat hasil penelitian yaitu promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan, namun variabel kepercayaan tidak dapat memediasi variabel promosi terhadap variabel keputusan pembelian, brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Brand Ambassador, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

