PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya)

  • Vega Yudhistira Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan variabel kepercayaan sebagai mediator (studi pada produk fashion online di Surabaya). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan kausal. Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah 210 responden pengguna marketplace online di Surabaya. Sumber data menggunakan data primer berupa angket online dengan skala pengukuran likert. Alat analisis yang digunakan adalah alat bantu SPSS 25.0 dengan pendekatan analisis jalur. Didapat hasil penelitian yaitu promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan, namun variabel kepercayaan tidak dapat memediasi variabel promosi terhadap variabel keputusan pembelian, brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Brand Ambassador, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Published
2021-08-22
How to Cite
Yudhistira, V., & Patrikha, F. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1237-1243. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40553
Section
Article