PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan variabel kepercayaan sebagai mediator (studi pada produk fashion online di Surabaya). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan kausal. Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah 210 responden pengguna marketplace online di Surabaya. Sumber data menggunakan data primer berupa angket online dengan skala pengukuran likert. Alat analisis yang digunakan adalah alat bantu SPSS 25.0 dengan pendekatan analisis jalur. Didapat hasil penelitian yaitu promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan, namun variabel kepercayaan tidak dapat memediasi variabel promosi terhadap variabel keputusan pembelian, brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Brand Ambassador, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
References
Fahreza, MD. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador, dan Kemenarikan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening.Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: PPs UniversitasDiponegoro.
Kotler, P.,&Lane, K. K. (2011). Manajemen Pemasaran. In A. Maulana & W. Hardani (Eds). 1 (13th ed), Jakarta : Erlangga.
Lea Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication E-book.Somerset, NJ, USA: Wiley.
Malhotra, Naresh. K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat), Jakarta : Indeks.
Morissan. (2012). Periklanan.Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Schiffman, Leon G dan Leslie Lazar Kanuk. (2011).Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat,dialihbahasakan oleh Zoekifli Kasip, Jakarta:PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Selly. (2019). Pengaruh Iklan dan Promosi PenjualanTerhadap Keputusan Pembelian Konsumenpada Situs Belanja Online Lazada (Studi KasusPada Mahasiswa Semester Vi Program StudiSarjana Manajemen Stie Sultan Agung). SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1),46–55.
Sidharta, I., & Boy Suzanto. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.
Siregar, PN. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian ( SURVEY PADA KONSUMEN MEN'S BIORE DI BANDUNG UTARA).Skripsitidakditerbitkan. Bandung: PPs UniversitasIslam BandungMalang.
Turban, E., King, D., Lee, J., Liang., T. P., & Turban, D. C. (2012). Electronic Commerce 2012 A Managerial And Social Networks Perspective ( S. Yagan, Ed.). USA : Pearson Education
Yosepha Pusparisa, (2018). 5 Jenis Barang yang Paling Diburu Konsumen di E-commerce.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/11/5-sektor-barang-yang-paling-diburu-konsumen
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1846