PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya)

  • Vega Yudhistira Universitas Negeri Surabaya
  • Finisica Dwijayati Patrikha Universitas Negeri Surabaya
Keywords: promosi penjualan, brand ambassador, kepercayaan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menganalisis dan menjelaskan pengaruh promosi penjualan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan variabel kepercayaan sebagai mediator (studi pada produk fashion online di Surabaya). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan kausal. Purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah 210 responden pengguna marketplace online di Surabaya. Sumber data menggunakan data primer berupa angket online dengan skala pengukuran likert. Alat analisis yang digunakan adalah alat bantu SPSS 25.0 dengan pendekatan analisis jalur. Didapat hasil penelitian yaitu promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan, namun variabel kepercayaan tidak dapat memediasi variabel promosi terhadap variabel keputusan pembelian, brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Brand Ambassador, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

References

Babin, Zikmund. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran Edisi Kesepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Fahreza, MD. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador, dan Kemenarikan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening.Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: PPs UniversitasDiponegoro.

Kotler, P.,&Lane, K. K. (2011). Manajemen Pemasaran. In A. Maulana & W. Hardani (Eds). 1 (13th ed), Jakarta : Erlangga.

Lea Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication E-book.Somerset, NJ, USA: Wiley.

Malhotra, Naresh. K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat), Jakarta : Indeks.

Morissan. (2012). Periklanan.Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Schiffman, Leon G dan Leslie Lazar Kanuk. (2011).Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat,dialihbahasakan oleh Zoekifli Kasip, Jakarta:PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Selly. (2019). Pengaruh Iklan dan Promosi PenjualanTerhadap Keputusan Pembelian Konsumenpada Situs Belanja Online Lazada (Studi KasusPada Mahasiswa Semester Vi Program StudiSarjana Manajemen Stie Sultan Agung). SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1),46–55.

Sidharta, I., & Boy Suzanto. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.

Siregar, PN. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian ( SURVEY PADA KONSUMEN MEN'S BIORE DI BANDUNG UTARA).Skripsitidakditerbitkan. Bandung: PPs UniversitasIslam BandungMalang.

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang., T. P., & Turban, D. C. (2012). Electronic Commerce 2012 A Managerial And Social Networks Perspective ( S. Yagan, Ed.). USA : Pearson Education

Yosepha Pusparisa, (2018). 5 Jenis Barang yang Paling Diburu Konsumen di E-commerce.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/11/5-sektor-barang-yang-paling-diburu-konsumen
Published
2021-08-22
How to Cite
Yudhistira, V., & Patrikha, F. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1237-1243. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1237-1243
Section
Article
Abstract Views: 1459
PDF Downloads: 1846