PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BASKIN ROBBINS TP3 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling dengan jumlah responden 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Objek yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah melakukan pembelian di Baskin Robbins TP3 Tunjungan Plaza Surabaya minimal 1 kali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keragaman produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel kualitas layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan variabel keragaman produk (X1) dan kualitas layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) di Baskin Robbins TP3 Tunjungan Plaza Surabaya
Kata Kunci: keragaman produk, kualitas layanan, kepuasan konsumen
References
Basrah saidani, Samsul Arifin. (2012).Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market.Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, No. 1.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta:Gava Media.
Febriana, E. K., Yulianeu, Y., Harini, C., & Warso, M. M. (2017). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk Dan Lokasi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Warung Makan Bu Sur).Journal of Management,3(3).
Groover P, Mikel. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc
https://www.jpnn.com/news/bisnis-kuliner-di-surabaya-tumbuh-pesat (diakses pada 21 januari 2020) .
https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/08/1578/jumlah-rumah-makan-restoran-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2014-2018.html (diakses pada 7 Februari 2020).
Iriyanti, Emik, Nurul Qomariah dan Akhmad Suharto. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 2. No. 1 Juni 2016.
Korbaffo, Y. A., & Opat, D. (2019). Pengaruh Keragamaan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di HEPI Swalayan Kefamenanu.Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen,1(02), 1-10.
Mantauv, Citra Suci. (2015). Pengaruh Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 3 No.1.
Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. Bogor: Ghalia Indonesia.
Philip dan Kevin Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Riyanti. (2013). Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Kirana Di Kabupaten Sleman. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta, Vol. 2 No.2.
Runtunuwu, Johanes Gerardo, Sem Oroh dan Rita Taroreh. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1803-1813.
Sri Wilujung. (2015). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Modern Indomaret Kecamatan Sukun Kota Malang. Vol (11),2.
Sari, N., & Setiyowati, S. (2017). Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PB Swalayan Metro.Jurnal Manajemen Magister Darmajaya,3(02), 186-199.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein. (2015). Metode Penelitian. Salemba Empat, Jakarta.
Zaffou, Madiha. (2010). The Effect of Variety Offering on Demand and Supermarket Competition.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 718